Berita Palembang

Banyak Belum Tahu, Pengembang Perumahan Bisa Dapat Bantuan Fasiltas Umum dari Pemerintah

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PUCK) Sumsel, Basyaruddin Ahmad mengatakan fasilitas umum ada dua jenis

Banyak Belum Tahu, Pengembang Perumahan Bisa Dapat Bantuan Fasiltas Umum dari Pemerintah
Tribun Sumsel/ Hartati
Foto Ilustrasi Perumahan MBR. Pengembang rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) atau subsidi bisa mendapat bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) yang diatur dalam peraturan menteri negara perumahan rakyat RI nomor 20 tahun 2011. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PUCK) Sumsel, Basyaruddin Ahmad mengatakan fasilitas umum ada dua jenis.

Pertama fasilitas umum yang wajib disediakan oleh pengembang perumahan dan fasilitas umum yang dibantu pemerintah pembangunannya khusus bagi rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Pengembang rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) atau subsidi bisa mendapat bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) yang diatur dalam peraturan menteri negara perumahan rakyat RI nomor 20 tahun 2011.

Dalam aturan ini pengembang bisa memilih satu dari fasilitas atau sarana yang akan dibantu pemerintah misalnya jalan lingkungan atau drainase perumahan.

BREAKING NEWS : Praperadilan Wakil Bupati OKU Johan Anuar Ditolak Pengadilan, Polda Sumsel Menang

Untuk mendapatkan bantuan PSU tersebut, pengembang harus mengusulkan ke Kementrian PUPR agar bisa dibantu dibangunan drainase atau jalan lingkungan, pengolahan air limbah, persampahan, penerangan jalan umum dan parkir bagi PSU sewa.

Cara pengajuannya pengembang harus memenuhi syarat membangun rumah minimal 50 rumah sudah ditempati pemiliknya dan rumah tersebut sudah sudah berdiri minimal satu tahun.

Pengajuan dilakukan secara online dengan mencantumkan syarat yang diminta dan sesuai dengan syarat dan ketentuan mendirikan perumahan.

Kemudian, tim Kementerian PUPR akan memverifikasi permohonan tersebut apakah sudah layak dan perlu dibantu.

Jika masih ada syarat dan ketentuan yang belum terpenuhi maka harus dipenuhi terlebih dahulu.

Syarat ini adalah rumah sudah harus di lantai semen atau keramik putih polos.

Halaman
12
Penulis: Hartati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved