Objek Pajak Belum Tergali Maksimal, Pemkab Muratara Dirikan Badan Pendapatan Daerah

Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mendirikan organisasi perangkat daerah (OPD) baru, yaitu Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Objek Pajak Belum Tergali Maksimal, Pemkab Muratara Dirikan Badan Pendapatan Daerah
Tribun Sumsel/ Rahmat Aizullah
Bupati Muratara, Syarif Hidayat 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Rahmat Aizullah

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mendirikan organisasi perangkat daerah (OPD) baru, yaitu Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Pendirian Bapenda dinilai sangat penting untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Muratara yang dianggap belum maksimal.

Bupati Muratara Syarif Hidayat mengatakan, selama ini bagian pendapatan daerah masih tergabung di Badan Keuangan Daerah (BKD).

"Kami lihat kurang optimal, banyak objek pajak yang belum tergali, jadi kami pisahkan dari BKD, kami dirikan Bapenda," kata Syarif Hidayat, Kamis (9/1/2020).

Setelah berdirinya Bapenda, sekarang Badan Keuangan Daerah (BKD) berubah menjadi Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Syarif meyakini jika Bapenda sudah terbentuk tentu akan lebih optimal dalam mendongkrak pendapatan daerah Kabupaten Muratara.

"Struktur pejabat untuk mengisi kursi jabatan di Bapenda sudah kita lantik, dan mulai bertugas tanggal 2 Januari 2020 kemarin," ujarnya.

Menurut dia, pendapatan daerah memang harus ditingkatkan, karena disamping kepentingan nasional juga menjadi kebutuhan daerah untuk menyejahterakan rakyat.

"Kalau pajak meningkat, maka perlahan rakyat bisa sejahtera. Kebutuhan infrastruktur, bidang kesehatan, pendidikan juga bisa ditingkatkan lagi," tambahnya.

Ia berharap seluruh pihak dapat mendukung program pemerintah pusat dan daerah tersebut dalam rangka peningkatan sektor pajak khususnya di Kabupaten Muratara.

"Saya minta enam bulan kedepan ada peningkatan dibandingkan waktu masih gabung BKD, harus ada peningkatan, kalau tidak, untuk apa Bapenda didirikan," ujarnya. (cr14)

Penulis: Rahmat Aizullah
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved