Muratara Siaga Bencana Alam, tak Boleh Lengah Meski Berada pada Kondisi Aman

Polres Musi Rawas Utara (Muratara) menggelar apel siaga darurat bencana banjir dan longsor di halaman kantor Bupati Muratara, Kamis (9/1/2020).

Muratara Siaga Bencana Alam, tak Boleh Lengah Meski Berada pada Kondisi Aman
Tribun Sumsel / Rahmat Aizullah
Kapolres Muratara AKBP Adhi Witanto dan Kepala BPBD Muratara Syarmidi mengecek kesiapan pada apel siaga darurat bencana banjir dan longsor di halaman kantor Bupati Muratara, Kamis (9/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Rahmat Aizullah

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Polres Musi Rawas Utara (Muratara) menggelar apel siaga darurat bencana banjir dan longsor di halaman kantor Bupati Muratara, Kamis (9/1/2020).

Kapolres Muratara AKBP Adhi Witanto menyampaikan, apel ini bagian dari kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana di wilayah Kabupaten Muratara.

Mengingat, intensitas cuaca semakin meningkat, sehingga ancaman bencana perlu ditangani secara komprehensif, multi sektor, terpadu dan terkoordinasi.

"Apel ini kita menyiapkan sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia dalam penanggulangan maupun penanganan bencana alam," kata Kapolres.

Ia berharap kesiapan pemerintah daerah, TNI, Polri dan berbagai komponen masyarakat dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi bencana.

Pihaknya menyadari bahwa bencana alam memang tidak dapat ditolak, namun yang penting adalah bagaimana upaya untuk dapat meminimalisir dampaknya.

Kapolres meminta seluruh pihak terkait untuk memberikan sosialisasi informasi kepada warga, khusunya masyarakat yang berada di kawasan rawan bencana.

"Dengan sosialisasi maka masyarakat akan memahami apa-apa yang harus dilakukan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana," katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muratara Syarmidi menambahkan, penanggulangan bencana alam bukan hanya tugas pemerintah daerah.

Halaman
12
Penulis: Rahmat Aizullah
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved