Panduan Membuat Surat Kehilangan Motor dan Handphone yang Belum Lunas Angsuran

Belakangan banyak masyarakat mengadu ke Polrestabes Palembang perihal kehilangan barang berharga, terutama sepeda motor dan handphone.

Panduan Membuat Surat Kehilangan Motor dan Handphone yang Belum Lunas Angsuran
Tribun Sumsel/ Agung Dwipayana
Kepala SPKT Polrestabes Palembang, AKP Heri. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Belakangan ini banyak masyarakat yang mengadu ke Polrestabes Palembang perihal kehilangan barang berharga, terutama sepeda motor dan handphone.

Para pelapor rata-rata mengaku barang berharga tersebut belum lunas pembayarannya alias masih mencicil. Bahkan ada yang baru tiga bulan menyicil pembayaran sepeda motor, namun harus menerima kenyataan pahit sepeda motornya hilang dicuri orang.

Dengan membuat laporan kepolisian, pelapor berharap kreditur barang cicilan tersebut dapat menyetop angsuran yang bagi sebagian masyarakat, tidak sedikit jumlahnya.

Rindi Aryani (19) seorang mahasiswi mengaku sepeda motornya dicuri, padahal angsurannya baru empat bulan. Sehingga, segera diperlukan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

"Dari pihak leasing memberi tenggat waktu 5x24 jam untuk membuat surat kehilangan dari kepolisian," kata Rindi.

Untuk membuat laporan kehilangan dari kepolisian, sebenarnya prosedurnya sama seperti laporan kepolisian pada umumnya. Namun panduan membuat laporan kehilangan barang yang masih 'nyicil' ini siapa tahu bermanfaat.

 1. Membuat Laporan Kehilangan Sepeda Motor

 Sebelum membuat laporan kehilangan di kepolisian, pelapor harus membawa surat pengantar dari pihak leasing.

Surat pengantar tersebut menerangkan bahwa kendaraan pelapor dibayar dengan cara diangsur.

 "Surat pengantar dari leasing untuk kendaraan bermotor yang masih diangsur. Kalau sudah lunas pembayarannya, langsung lapor saja ke kepolisian untuk segera ditindaklanjuti," kata Kepala SPKT Polrestabes Palembang, AKP Heri, Kamis (12/12/2019).

Halaman
12
Penulis: Agung Dwipayana
Editor: Erwanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved