Kepala Perwakilan BI Sumsel Yakin Ekonomi Sumsel Tahun Depan Akan Diprediksi Naik

Bank Indonesia memprediksi perekonomian tahun depan akan naik yang juga akan berdampak naiknya perekonomian di Sumsel.

Kepala Perwakilan BI Sumsel Yakin Ekonomi Sumsel Tahun Depan Akan Diprediksi Naik
HARTATI/TRIBUNSUMSEL.COM
Kepala Perwakilan BI Sumsel, Yunita Resmi Sari. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Bank Indonesia memprediksi perekonomian tahun depan akan naik yang juga akan berdampak naiknya perekonomian di Sumsel.

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi terjadinya kenaikan ekonomi yakni adanya Pilkada serentak 2020 yang akan mendorong konsumsi alat dan barang keperluan kampanye dan sosialisasi.

Selain itu upaya mengendalikan inflasi. Jika inflasi terkendali maka daya beli masyarakat naik dan mempengaruhi perekonomian.

"Inflasi akan terus dijaga terutama faktor dan komoditi penyumbang inflasi akan ditekan sehingga daya beli masyarakat bisa naik dan terjaga," ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan, Yunita Resmi Sari ditemui di kegiatan business Chalangges 2020, Kamis (12/12/2019).

Keyakinan Bank Indonesia perekonomian akan naik tahun depan karena saat ini sejumlah komoditas andalan Sumsel sudah mulai naik dan bagus harganya. Misalnya saja karet saat ini sudah membaik.

Komoditas kopi juga didorong bersaing bukan hanya di pasar lokal tapi juga ekspor. Salah satunya dengan ekspor ke Singapura.

"Bank Indonesia sukses menggandeng empat kabupaten kota di Sumsel meningkatakn kualitas dan kuantitas kopi Sumsel agar diterima di pasar lokal dan internasional," ujarnya.

Salah satu upaya mendorong peningkatan kualitas itu dengan memberikan bantuan alat pengolah kopi berupa alat pengering sehingga tidak ada lagi petani yang menjemur kopi di jalan dan dilindas mobil sehingga bau aspal.

Faktor lain yang diyakini Bank Indonesia bisa mendorong ekonomi tumbuh lebih baik tahun depan karena Sumber Daya Alam (SDA) Batubara diminati pihak luar karena menyambut musim dingin. Mahalnya tenaga surya dan angin membuat sejumlah negara di Eropa, Amerika dan Cina masih memilih menggunakan batubara sebagai sumber energi penghangat selama musim panas.

HARTATI/TRIBUNSUMSEL
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan, Yunita Resmi Sari.

Penulis: Hartati
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved