Peringatan SBY Terhadap Presiden Jokowi Tentang Arab Spring

"Kita belajar dari pengalaman Arab Spring di tahun 2011 dulu juga terjadinya gerakan protes sosial di 30 negara tahun. Ini penyebab utamanya antara

Peringatan SBY Terhadap Presiden Jokowi Tentang Arab Spring
BIRO PERS/CAHYO BRURI SASMITO
Presiden Joko Widodo (kiri) - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) di Istana Merdeka, Kamis (9/3/2017). 

TRIBUNSUMSEL.COM - Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan pidato Politik refleksi akhir tahun di Jakarta Convention Center, Jakarta, pada Rabu, (11/12/2019).

Dalam pidatonya tersebut, SBY menyarankan kepada pemerintah Jokowi untuk belajar dari pengalaman persitiwa Arab Spring 2011 lalu.

Alasannya menurut SBY presentase lulusan SMA, SMK, dan Perguruan Tinggi yang menganggur cukup tinggi. Bila tidak diantisipasi, hal tersebut akan memicu gejolak sosial.

Jokowi menurut SBY telah mencoba menangani masalah tersebut dengan program kartu pra kerja. Namun menurutnya pemerintah Jokowi harus mengeluarkan kebijakan yang lebih agresif.

"​Demokrat juga menyambut baik program Kartu Pra Kerja yang ada dalam APBN 2020. Ini sebuah inisiatif yang baik," katanya.

SBY mengingatkan pemerintah Jokowi agar menjalankan kartu pra kerja dengan baik dan transparan. Karena dana yang dikucurkan cukup besar yakni mencapai Rp 10 triliun untuk 2 juta peserta. Jangan sampai menurutnya program tersebut justru menimbulkan masalah baru.

"Diharapkan ( Kartu Pra Kerja) tidak salah sasaran, dan bebas dari kepentingan politik pihak manapun," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul SBY Minta Jokowi Belajar dari Peristiwa Arab Spring, https://www.tribunnews.com/nasional/2019/12/11/sby-minta-jokowi-belajar-dari-peristiwa-arab-spring.
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi

Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved