Pilkada Sumsel

Jelang Pilkada Ogan Ilir, Dua Partai Besar di Ogan Ilir Berburu Koalisi

Aroma koalisi sesama partai mewarnai Pilkada 2020 di Ogan Ilir mendatang. Meski meraih kursi terbanyak di DPRD

Jelang Pilkada Ogan Ilir, Dua Partai Besar di Ogan Ilir Berburu Koalisi
TRIBUN SUMSEL
Pecah kongsi petahana. 

TRIBUNSUMSEL.COM, INDRALAYA -- Aroma koalisi sesama partai mewarnai Pilkada 2020 di Ogan Ilir mendatang. Meski meraih kursi terbanyak di DPRD, tujuan mereka tetap mengincar posisi orang nomor satu, di Bumi Caram Seguguk tersebut.

Tentu saja, mereka memiliki sosok usungan yang direkomendasikan oleh pusat masing-masing partai. Meskipun, saat pembukaan calon partai tadi diserbu oleh tokoh-tokoh yang hendak maju dalam perebutan kursi Bupati Ogan Ilir.

Seperti DPD II Partai Golkar Ogan Ilir misalnya. Meski bisa mengusung calon sendiri lantaran meraih 20 persen kursi di dewan, mereka tetap mengisyaratkan bakal berkoalisi saat pertarungan Pilkada 2020 di Ogan Ilir nanti.

"Tentu kita akan tetap menggandeng partai lain, menjadi teman kita saat Pilkada 2020 nanti," ujarnya saat dihubungi, Rabu (11/12/2019).

Ia berujar, meskipun menjadi partai pemenang namun Golkar tentu memiliki taktik sendiri menghadapi pertarungan nanti. Mereka melihat, beberapa Kabupaten/Kota yang partainya mengusung calon sendiri tanpa koalisi, acapkali menemui kegagalan pada saat terakhir.

"Jadi untuk memenangkan pertarungan, kita memerlukan koalisi. Apalagi Pilkada ini beda dengan Pileg," tegasnya.

Pihaknya saat ini tengah membangun komunikasi dengan beberapa partai, meskipun waktu yang ditentukan masih lama. Sehingga, komunikasi yang terbangun itu dapat jadi senjata kuat menghadapi kubu calon lain.

"Jadi partai manapun secara analisa kami,bitu walaupun partai tersebut cukup mengusung tapi mereka tetP menggandeng berkoalisi partai lain demi memperkuat serangan," jelasnya.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Sekjen DPC PDI Perjuangan, Rizal. Karena hanya memperoleh 7 kursi di Dewan Ogan ilir, mereka tentu harus berkoalisi dengan partai lain demi memajukan usungan mereka.

"Pasti ada, kita akan berkoalisi mengingat jumlah kursi kita saat ini," ungkapnya.

Namun saat ini PDI Perjuangan belum menentukan ke arah mana mereka akan bergandengan. Sebab, sampai saat ini mereka masih menggodok nama yang didapat hasil jaringan mereka beberapa waktu lalu, terkait Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati.

"Masih penjaringan, jadi belum ada sikap," jelasnya. (mg5)

Usul data Infografis untuk berita
Perolehan kursi di DPRD Ogan Ilir

Partai Golkar: 8 kursi
PDI Perjuangan: 7 kursi
Partai Nasdem: 5 kursi
PPP: 4 kursi
PAN: 4 kursi
Partai Hanura: 2 kursi
PKB: 2 kursi
Perindo: 2 kursi
Partai Demokrat: 2 kursi
Partai Gerindra: 1 kursi
Partai Berkarya: 1 kursi
PBB: 1 kursi
PKS: 1 kursi

Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved