Institut Jantung Negara Beri Layanan One Stop Centre Pasien Jantung

IJN merupakan rumah sakit jantung terbesar di Malaysia dan Asia Pasifik. Setidaknya, terdapat 120 dokter yang akan menangani pasien jantung.

Institut Jantung Negara Beri Layanan One Stop Centre Pasien Jantung
ISTIMEWA
Gedung IJN yang memberikan layanan perawatan jantung terlengkap se-Asia Pasifik. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Untuk menangani penyakit jantung, diperlukan penanganan khusus. Pasalnya, penyakit jantung itu ada jenis-jenisnya yang berbeda.

Ada arteri koroner yang merupakan jenis paling umum dari penyakit jantung akibat akumulasi lemak. Kemudian ada penyakit otot jantung, katup jantung, gagal jantung, penyakit jantung bawaan, trachycardia, gangguan serebrovaskular, dan jenis lainnya.

"Pasien sakit jantung harus cari dokter yang khusus pengetahuannya tentang sakit jantung itu sendiri. Dokter ahli jantung memang tahu semua, tapi tidak khusus pada satu penyakit itu. Kalau demikian, kemungkinan kesembuhan pasien tidak akan menyeluruh. Ini membuat pasien bakal bolak-balik datang ke rumah sakit," tutur Head Marketing & Medical Tourism, IJN Malaysia, Akim Affandi Ahmad.

Akim berbicara kepada awak media di palembang bahwa IJN kerap kali menerima pasien dari palembang dengan kasus kasus penyakit jantung yang berbeda beda.

IJN, kata Akim, merupakan rumah sakit jantung terbesar di Malaysia dan Asia Pasifik. Setidaknya, terdapat 120 dokter yang akan menangani pasien jantung dengan diagnosis yang berbeda-beda.

"Setiap bagian jantung ada dokternya sendiri. Setelah konsultasi, barulah bisa diketahui apa solusinya. Pemeriksaannya lebih detail," kata Akim didampingi Country Manager Marketing & Medical Tourism Muhammad Hizami Aizat.

Untuk penanganan perawatannya, selain dibutuhkan dokter spesialis berpengalaman juga rumah sakit tersebut harus memiliki fasilitas yang lengkap. IJN yang berdiri sejak 1992 itu komit memberikan pelayanan standar tinggi dalam pengobatan bagi pasien jantung dewasa dan anak-anak.

Beberapa fasilitas yang ada di IJN antara ain layanan non-invasive jantung & ruang operasi jantung sebanyak 6 ruang, Pusat Pelayanan Pasien Internasional, layanan fisioterapi & rehabilitasi, farmasi, bank darah dan lainnya.

Menurut Akim, IJN sudah komplit sebagai sebuah rumah sakit yang dituntut kurang lebih harus seperti 'mall'.

Dijelaskannya, warga Indonesia sama kulturnya seperti Malaysia dalam hal sebagai pengantar pasien. Di IJN bukan hanya menangani pasien, tapi juga beri pelayanan lebih baik kepada keluarga pasien berupa kenyamanan fasilitas.

Halaman
123
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved