CPNS 2020

Tak Ada Formasi, Lulusan Universitas Lokal Tak Bisa Daftar CPNS di Lubuklinggau

Sejumlah guru honorer di Kota Lubuklinggau mengaku kecewa karena seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang digelar tahun ini

EKO HEPRONIS/TRIBUNSUMCEL.COM
Ketua Forum Honorer Kota Lubuklinggau, Alvinus. 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis.

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Sejumlah guru honorer di Kota Lubuklinggau mengaku kecewa karena seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang digelar tahun ini tidak ada formasi untuk honorer.

Ketua Forum Honorer Kota Lubuklinggau, Alvinus mengaku kecewa karena peluang honorer harus kembali bersaing dengan tes umum karena tidak adanya jalur khusus untuk formasi honorer.

"Mau dibawa kemana sarjana yang tidak ada formasinya ini sedangkan, banyak rekan-rekannya yang sudah lewat umur dan hampir habis batas usia untuk ikut CPNS," ungkap Alvinus pada Tribunsumsel.com, (19/11/2019).

Kekecewaan selanjutnya yakni tidak ada formasi untuk alumni Sarjana Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Lubuklinggau. Tidak adanya formasi ini sudah terjadi kedua kalinya selama CPNS dibuka.

"Sedangkan alumni STKIP masih banyak menumpuk, baik honorer ataupun tidak di LubukLinggau, mereka tidak ada kesempatan untuk bertarung di tahun ini karena tidak ada formasi," paparnya.

Ia pun berharap kepada pemerintah Kota Lubuklinggau untuk memberikan peluang bagi formasi yg menumpuk terutama sudah usia di LubukLinggau, terkhusus honorer yg sudah bertahun-tahun mengabdi.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Lubuklinggau, Zulfikar menuturkan, sampai saat ini pelamar CPNS untuk Kota Lubuklinggau masih sedikit.

"Laporan Senin (11/11) kemarin pendaftar CPNS baru 300 orang, yang sudah mengisi formulir baru 200 orang," ujar Zul.

Zul menjelaskan dari 200 yang sudah mengisi formulir tersebut rata-rata kebanyakan, formasi guru yang diminati pelamar, sebab untuk kota Lubuklinggau formasi guru paling banyak.

Sebagaimana diketahui tahun ini pemerintah Kota Lubuklinggau membuka lowongan CPNS sebanyak 177 formasi. Rinciaanya 145 tenaga pendidik, 20 tenaga kesehatan dan 12 tenaga teknis.

Menurut Zul, sejauh ini belum ada kendala berarti ditemui pelamar para pelamar, khususnya kendala kesulitan membuka portal, ketika hendak melamar.

“Kalau dulu sering lambat, bahkan harus menunggu tengah malam baru bisa. Untuk sekarang sejauh ini tidak ada kesulitan, pelamar masih mudah membuka portal," ungkapnya.

Sementara terkait masalah kuota penerimaan CPNS tahun ini, Zul menegaskan penerimaan CPNS merupakan wewenang dari pemerintah pusat. (Joy)

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved