Melihat Sosok Ketua DPRD OKI, 4 Kali Terpilih Sebagai Wakil Rakyat

Sosok Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Abdiyanto telah resmi menjabat Ketua DPRD OKI periode 2019-2024

Melihat Sosok Ketua DPRD OKI, 4 Kali Terpilih Sebagai Wakil Rakyat
ISTIMEWA
Ketua DPRD OKI, Abdiyanto. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sosok Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Abdiyanto telah resmi menjabat Ketua DPRD OKI periode 2019-2024 berdasarkan keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan.

Abdiyanto sendiri sudah 4 kali terpilih sebagai wakil rakyat di OKI, sejak tahun 2004 lalu, yang semuanya melalui partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Meski sempat mundur pada 2017, karena dirinya maju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) OKI dan kalah dengan petahana, namun Yanto sapaan akrab Abdiyanto kembali mendapat amanat rakyat untuk di lembaga legislatif tepilih lagi pada Pileg 2019, dan dapat amanat partai untuk duduk kursi ketua DPRD OKI.

Yanto sendiri bercerita, awalnya ia adalah seorang pengusaha kayu di Kecamatan Tulung Selapan yang banting setir mengikuti jejak sang ayah (H Abdul Rahman Fikri Juan), yang lebih dahulu berpolitik.

"Jadi ini mungkin faktor keturunan, bagi kami terjun di dunia politik, mengingat dari sang bapak (ayah). Meski kecintaan terhadap Bung Karno sejak muda atau sekolah. Namun, kebetulan pada tahun 1997 dan 1998 orang tua banting setir dari pengusaha terjun politik dan terpilih jadi anggota DPRD OKI," kata Yanto.

Bapak tiga anak ini, kemudian meneruskan usaha sang ayah sejak tahun 1997 kebetulan, namun seiring waktu usahanya itu mulai goyang, dan pada 2014 mulai mengikuti jejak orang tua untuk nyaleg, kebetulan sang ayah ketua DPC PDI Perjuangan OLI saat itu, dan ia terpilih hingga sekarang untuk periode ke 4, sedangkan sang ayah hanya tiga periode.

"Pada pemilu 2004, kami (bersama sang ayah) terpilih berdua, saya dari dapil (daerah pemilihan) II meliputi Kecamatan Sungai Batang, dam bapak dari dapil III meliputi Kecamatan Tulung Selapan. Pada tahun 2009, bapak ke DPRD Sumsel dan terpilih. Kami tetap diberi kesempatan oleh masyarakat sama- sama terpilih," tuturnya.

Seiring waktu jabatan ketua DPC PDI Perjuangan OKI pada 2005-2010 dijabat Yusuf Mekki, maka pada pemilu 2014 sang ayah "naik kelas" untuk maju pencalegan kursi DPR RI dan belum beruntung. Tetapi adiknya Ike Mayasari ikut nyaleg untuk DPR provinsi Sumsel dari dapil III meliputi Kabupaten OKI- OI dan terpilih.

"Alhamdulillah masyarakat OKI khusudnya, tetap memberikan kepercayaan kepada keluarga kami, untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat melalui jalur legislatif," cap Yanto.

Peraih suara terbanyak pada pemilu legislatif 2014 ini dengan 8.242 suara, kembali mengulangi prestasi pada Pileg 2019 dengan suara terbanyak yaitu 6.844, dan kembali membawa PDI Perjuangan menjuarai Pileg 2019 dan merebut kursi ketua DPRD, dengan 7 kursi atau kurang dua kursi dari pemilu 2014 lalu, dimana PDI Perjuangan berhasil meraih 9 kursi.

Yanto sendiri dipercaya partai besutan Megawati Soekrano Putri tersebut memimpin PDI Perjuangan Kabupaten OKI sejak 2015-2020. Namun untuk menyesuaikan periode dipemerintahan dilakukan rakercab 2019 dan terpilih kembali untuk periode kedua hingga 2014.

Halaman
123
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved