Berita Lubuklinggau

Banyak Guru PNS di Lubuklinggau Pensiun, Disdikbud Manfaatkan Guru Honor

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Lubuklinggau mencatat, 350 guru Sekolah Dasar (SD) akan pensiun sampai tahun depan

Banyak Guru PNS di Lubuklinggau Pensiun, Disdikbud Manfaatkan Guru Honor
Tribun Sumsel/ Eko Hepronis
Kadisdikbud Kota Lubuklinggau, Tamri 

TRIBUNBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Lubuklinggau mencatat, 350 guru Sekolah Dasar (SD) akan pensiun sampai tahun depan.

"Sampai 2020 mendatang kurang lebih 350 guru kelas yang mengajar di SD akan pensiun," ungkap Kadisdikbud Kota Lubuklinggau, Tamri pada wartawan, Minggu (3/11/2019).

Tamri mengatakan, guru yang pensiun bukan hanya terjadi untuk SD namun juga terjadi untuk guru Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Terutama untuk guru bidang olahraga, Bimbingan Konseling (BK) dan Kesenian.

"Sedangkan guru bahasa Indonesia dan bahasa ingris sudah lebih. Tapi untuk data seluruhnya saya lupa ada di kantor," ujarnya.

Daftar Kementerian dan Lembaga serta Jumlah Formasi yang Dibuka Pendaftaran CPNS 2019

Tamri menjelaskan, untuk menutupi guru yang pensiun saat ini masing-masing sekolah terpaksa memanfaatkan para tenaga honorer di sekolahnya masing-masing.

"Sementara untuk tingkat SMP memanfaatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kekurangan jam pelajaran," tambahnya.

Permasalah kekurangan guru untuk tingkat SD dan SMP tersebut sudah disampaikan Disdikbud kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Lubuklinggau.

"Jumlahnya sudah kita sampaikan, tapi untuk masalah CPNS tahun ini kita tidak tahu, karena yang menyetujuinya adalah pusat," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui jika tahun ini pemerintah Kota Lubuklinggau membuka lowongan CPNS sebanyak 177 formasi. Dengan rinciaan 145 tenaga pendidik, 20 tenaga kesehatan dan 12 tenaga teknis.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved