Heboh Mahasiwi PGRI Bunuh Diri karena Diduga Dipicu Sliner Mata, Apa Itu Mata Slinder?

Bila penglihatan anda terasa kabur dan disertai dengan mata lelah, maka wajib diwaspadai. Bisa jadi itu ciri-ciri dari mata silinder

Heboh Mahasiwi PGRI Bunuh Diri karena Diduga Dipicu Sliner Mata, Apa Itu Mata Slinder?
SHINTA ANGRAINI/TRIBUNSUMSEL.COM
dokter spesialis mata RSMH Dr Riani Erna Spam(K) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Bila penglihatan anda terasa kabur dan disertai dengan mata lelah, maka wajib diwaspadai. Bisa jadi itu ciri-ciri dari mata silinder atau dalam bahasa medis disebut astigmatisma.

Dokter spesialis mata RSMH, Dr Riani Erna SpM(K) mengatakan, selain ciri-ciri diatas, biasanya mata silinder juga disertai dengan munculnya rasa sakit di kepala saat sedang melihat.

"Silinder adalah masalah pada kemampuan mata untuk memfokuskan cahaya. Biasanya bagi penderita silinder, benda di jarak tertentu bisa terlihat kabur atau bahkan bergelombang. Ada juga penderitanya yang tidak bisa melihat garis lurus," ujarnya, Sabtu (2/11/2019).

Lebih lanjut Dr Riani menjelaskan, kaburnya penglihatan penderita silinder biasanya berhubungan dengan bentuk kornea yang tidak sempurna.

Biasanya kornea penderita silinder mata terdapat kelengkungan yang tidak teratur.

Dimana pada orang bermata normal, bentuk korneanya melengkung sempurna. Sehingga setiap cahaya yang dilihat dapat dibengkokkan atau dibiaskan dengan benar saat kita melihat.

"Sedangkan bagi penderita mata silinder, kornea sering berbentuk telur dengan dua kurva yang berbeda dari bulat sempurna. Inilah yang menjadi penyebab terganggunya penglihatan penderita silinder," jelasnya.

Hingga saat ini, belum diketahui jelas mengapa beberapa orang memiliki kornea yang tidak melengkung dengan sempurna.

Hanya muncul dugaan bahwa hal itu dipengaruhi oleh adanya komponen genetik.

Selain itu, bayi yang lahir prematur juga tercatat memiliki persentase lebih mengalami mata silinder.

Halaman
12
Penulis: Shinta Dwi Anggraini
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved