Sederhana Itu Menyenangkan

SAYA tidak mau menulis tentang susunan kabinet baru Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’Ruf Amin. Para pakar sudah banvak yang membahasnya.

TRIBUNSUMSEL.COM -- SAYA tidak mau menulis tentang susunan kabinet baru Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’Ruf Amin. Para pakar sudah banvak yang membahasnya.

Saya justru ingin menulis tentang Wakil Presiden 2 kali periode (bersama dua Presiden berbeda) bernama Jusuf Kalla.
Ia mendapat tempat paling istimewa dalam sejarah republik ini. JK yang punya nick name Ucu tidak diragukan lagi kiprahnya. Ia dikenal sebagai juru damai dari masa ke masa.

Bukan hanya untuk konflik dalam negeri seperti konflik Ambon pada saat itu. JK dikenal sangat berjasa menyelesaikan kasus Aceh yang sebelumnya tidak pernah berhasil dirundingkan tokoh mana pun.

Mengapa JK selalu berhasil dalam setiap perundingan? Menurut Hamid Awaludin, yang selalu menjadi tim JK dalam setiap perundingan, JK sangat mengerti bagaimana menghadapi orang yang akan dihadapinya.

“Berikan dia kemuliaan. Berikan ia kehormatan. Tempatkan dirimu sama posisi dengan ia.

Berikan ia martabat,”ucap Hamid Awaludin mengutip nasihat JK dalam

tayangan khusus di TVRI, Kamis (24/10) malam. Judulnya “Terima Kasih Pak JK”.

Sehari kemudian, giliran KOMPAS TV menayangkan talk show #JKdiRossi yag berisi bincang-bincang ringan Pemred KOMPAS TV Rosiana Silalahi dengan Pak JK, istri, anak, cucu dan sahabat-sahabat JK.

Dua tayangan di layar kaca tersebut membuktikan, JK tetap mencuri perhatian. Ia masih mendapat panggung di tengah ingar bingar pengumuman Kabinet Indonesia Maju Jilid 2 Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

JK memang pantas untuk mendapatkan panggung sendiri di Tanah Air. Sifatnya yang suka berterus terang sekaligus luwes membuat JK menjadi pribadi yang unik.

Halaman
123
Penulis: Weni Ramdiastuti
Editor: Moch Krisna
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved