Unik! Bunga Bangkai Tumbuh di Pekarangan Rumah Warga Palembang

Bunga Bangkai tumbuh di pekarangan rumah warga milik Samsul Bahri No 2572 Rt 06 Rw 02, lorong Angkasa, Alang-alang Lebar Palembang.

Unik! Bunga Bangkai Tumbuh di Pekarangan Rumah Warga Palembang
IRKANDI/TRIBUNSUMSEL.COM
Baju biru Samsul Bahri (Pemilik) didampingi Sudirman Ketua RT 06 Rw 02, Lorong Angkasa, Alang-alang Lebar Palembang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Bunga Bangkai tumbuh di pekarangan rumah warga milik Samsul Bahri No 2572 Rt 06 Rw 02, lorong Angkasa, Alang-alang Lebar Palembang.

Sontak penemuan bunga bangkai membuat dirinya terheran. Bagaimana tidak, ia katakan jenis bunga tersebut sangat jarang ditemui dan tumbuh didaerah tertentu saja, bahkan dikatakannya temuan bunga bangkai ini sudah kedua kalinya.

"Setahun lalu, sudah pernah tumbuh juga diareal ini, kalau yang sebelumnya lebar hampir satu meter bau busuknya sangat menyengat kalau sudah mekar, kelopaknya ini sampai menyentuh tanah, tapi setelah mekar tiba-tiba layu sampai mati," terang Samsul

Lebih lanjut, Samsul tidak mengetahui secara pasti untuk jenis Bunga Bangkai yang tumbuh tersebut, ia mengira tumbuhan tersebut hanyalah tunas pisang (Jantung pisang). Namun lama kelamaan ia menyadari bahwa tumbuhan tersebut ialah bunga Bangkai, yang merupakan jenis tumbuhan langka.

Dulu Jadi Korban Perselingkuhan, Begini Nasib Juara Ajang Pencarian Bakat ini Sekarang

Kronologi Anak Bunuh Diri Setelah Gagal Bunuh Bapaknya di Kupang, Tulis Wasiat Isinya Buat Merinding

Aries Bandar Narkoba Lubuklinggau Tertipu Jebakan, Polisi Menyamar Jadi Pembeli

"Mungkin nama jenis ilmiahnya Amorphophallus paeoniifolius, tapi nantilah kalau ada pihak yang benar tau, karena jenisnya itu banyak," ujarnya.

Meskipun ukuran bunga Bangkai yang tumbuh sekarang memiliki tinggi dan lebar sekitar setengah meter, terlihat lalat sudah mulai menghinggapi bunga bangkai, begitu juga baunya yang khas juga sudah mulai tercium.

"Sarinya ini, kalau sudah mekar jelas sekali terlihat. Ini karena masih baru, tumbuhnya juga baru sekitar setengah bulan, saya itu heran, hewan seperti ayam saja tidak mau mendekat padahal ini tidak saya kandang," ungkapnya.

"Semoga yang ini (bunga bangkai) tidak cepat layu, karena sangat langka sekali, saya terus merawat dan menyiramnya, mungkin inilah satu-satunya di Palembang," imbuhnya

Sementara itu, Sudirman ketua RT setempat juga baru mengetahui terdapat bunga Bangkai yang tumbuh dipekarangan rumah warganya.

"Saya bru tahu, bisa dikatakan telat informasi karena media yang lebih tahu duluan," katanya.

Ia berharap untuk kedepannya ada pihak dari pemerintah yang dapat meneliti jenis bunga bangkai tersebut.

"Biasanya tumbuh didataran rendah atau tinggi saya kurang tahu. Entahlah, ini membawa berkah atau musibah, yang jelas ini mengudang masyarakat untuk melihatnya, warga jadi banyak datang kesini," tandasnya.

Penulis: Irkandi Gandi Pratama
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved