Cerita Khas Palembang

Asal Nama Jalan Bay Salim di Sekip Palembang, Ternyata Ayah dari Prof Emil Salim

Nama ayahnya diabadikan sebagai nama Jalan di Palembang dalam bentuk penghargaan atas peran mempertahankan kemerdekaan RI

Asal Nama Jalan Bay Salim di Sekip Palembang, Ternyata Ayah dari Prof Emil Salim
WINANDO/TRIBUNSUMSEL.COM
Foto Ilustrasi : Para pekerja sedang merapikan jalan berlobang yang nantinya akan di tambal menggunakan aspal di jalan Bay Salim Kecamatan IT 1 kota Palembang, Jum'at (21/6/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Prof Emil Salim ramai diperbincangkan beberapa hari setelah tampil di Mata Najwa.

Ia merupakan mantan menteri yang pernah menjabat era Presiden Soeharto.

Prof Emil Salim kelahiran asal Kabupaten Lahat Sumatera Selatan.

Ayah kandung Emil Salim bernama Bay Salim.

Nama ayahnya diabadikan sebagai nama Jalan di Palembang dalam bentuk penghargaan atas peran mempertahankan kemerdekaan RI.

Prof Emil Salim Ternyata Lahir di Lahat, Namanya Diabadikan Sebagai Nama Jalan di Lahat

Pemerhati Sejarah Kota Palembang, Rd Muhammad Ikhsan mengatakan, Jalan Bay Salim yang terletak di daerah percetakan Rambang antara jalan Mayor Ruslan dan jalan Mayor Salim Batubara.

Lokasi :

Nama Bay Salim diabadikan berkay perjuangan saat perang lima hari lima malam di Palembang antara tanggal 1 - 5 Januari 1947.

Pada awalnya makam Bay Salim di Candi Walang, kemudian sekitar tahun 1980-an dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan Ksatria Setra Siguntang.

"Sepengetahuan saya dari cerita-cerita yang ada bahwa Emil Salim pada saat pertempuran lima hari lima malam beliau seorang remaja yang mengalami langsung kejadian tersebut," terang Ikhsan.

"Sumber yang menyebut bahwa ayahnya bernama Baay Salim, itulah sebabnya digadang menjadi sebuah nama Jalan Bay Salim, yang ada di Kecamatan 9 Ilir Palembang, karena ada keterkaitan dengan perjuangan berliau dalam mempertahankan kemerdekaan RI," jelasnya, Sabtu (12/10/2019).

Penulis: Irkandi Gandi Pratama
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved