Mau Bikin SIM Pintar Via Online, Ini Langkah-langkah, Syarat dan Biayanya

Smart Surat Izin Mengemudi (SIM) atau SIM Pintar telah diluncurkan Korlantas Mabes Polri sejak 23 September lalu.

Mau Bikin SIM Pintar Via Online, Ini Langkah-langkah, Syarat dan Biayanya
TRIBUNSUMSEL
Dirlantas Polda Sumsel menunjukan blangko Smart SIM yang sudah ada di Palembang, Selasa (24/9/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Smart Surat Izin Mengemudi (SIM) atau SIM Pintar telah diluncurkan Korlantas Mabes Polri sejak 23 September lalu.

Peluncuran Smart SIM yang bertepatan dengan peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-64 ini juga resmi dilaksanakan Satlantas Polresta Palembang.

Selain sebagai bukti kompetensi pengemudi, SIM yang dilengkapi chip ini memiliki sejumlah keunggulan daripada SIM terdahulu, seperti merekam data pelanggaran pengemudi hingga sebagai uang elektronik.

Kasatlantas Polresta Palembang, Kompol Yon Edi Winara melalui Kanit Regident, Iptu Merry Agustina menjelaskan, untuk proses pembuatan maupun biaya pembuatan Smart SIM, tetap sama seperti SIM lama.

Namun bagi masyarakat yang telah memiliki SIM, tidak perlu mengurus baru hingga masa berlaku habis.

"Biaya dan prosesnya (pembuatan Smart SIM) juga sama seperti pembuatan SIM yang lama. Tidak ada penambahan biaya maupun mekanisme pembuatan dan perpanjangan prosedurnya, tidak ada beda,” kata Mery, Selasa (8/10/2019).

Biaya pembuatan SIM yang dimaksud, untuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam mengurus pembuatan Smart SIM yakni sebesar Rp 120 ribu untuk SIM A baru dan Rp 100 ribu untuk SIM C baru.

Adapun proses pembuatan Smart SIM, bisa datang langsung ke Satlantas Polresta Palembang maupun mendaftar secara online melalui website sim.korlantas.polri.go.id.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Ketik website sim.korlantas.polri.go.id

Halaman
12
Penulis: Agung Dwipayana
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved