Beredar Info Ada Pemutihan Pajak Kendaraan, Ini Informasi Sebenarnya

Banyak pertanyaan dari masyarakat tentang pemutihan atau penghapusan denda pajak kendaraan bermotor akan dilaksanakan

Beredar Info Ada Pemutihan Pajak Kendaraan, Ini Informasi Sebenarnya
TRIBUNSUMSEL.COM
Suasana di salah satu layanan Samsat Corner di Palembang

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Banyak pertanyaan dari masyarakat tentang pemutihan atau penghapusan denda pajak kendaraan bermotor akan dilaksanakan atau tidak, ini penjelasan dari Bapenda Sumsel terkait hal tersebut.

Menurut Kepala Bapenda Sumsel Neng Muhaibah, hingga saat ini belum ada wacana untuk mengadakan pemutihan atau penghapusan denda pajak kendaraan bermotor.

"Belum ada wacana pemutihan. Karena, untuk melaksanakan itu terlebih dahulu harus ada koordinasi. Pemutihan itu yang menentukan gubernur, bukan Bapenda," ujarnya, Selasa (8/10/2019).

Bila memang ada wacana pemutihan pajak kendaraan yang dikeluarkan gubernur, maka dari Bapenda sendiri akan melakukan koordinasi dengan Ditlantas Polda Sumsel dan juga Jasa Raharja.

Sehingga, dapat dilakukan evaluasi mengenai pemutihan pajak kendaraan yang nantinya akan dilaksanakan. Karena memang, tidak langsung dapat dilakukan pemutihan, terlebih bila tidak ada kebijakan yang dikeluarkan gubernur.

"Pemutihan itu dilaksanakan dengan melihat berbagai faktor. Jadi, tidak bisa langsung dilaksanakan," ujarnya.

Sedangkan Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol Dwi Asmoro menuturkan, pemutihan atau penghapusan denda pajak kendaraan bermotor sepenuhnya merupakan hak dari gubernur untuk mengeluarkannya. Dari sisi Polisi, hanya menjalankan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

"Harus ada evaluasi dan memang tidak bisa langsung dilaksanakan. Namun, dari sisi Polri bila memang ada wacana pemutihan pajak kendaraan siap saja melaksanakannya," ujar Dwi.

Tetapi memang, sejauh ini dari beberapa kali rapat koordinasi yang dilakukan belum ada sama sekali wacana untuk dilaksanakan pemutihan atau penghapusan denda pajak kendaraan.

"Ada sisi positif tetapi ada sisi negatifnya terkait pemutihan pajak kendaraan. Positifnya, mendorong pemilik kendaraan untuk membayar pajak kendaraannya. Tetapi negatifnya, pemilik kendaraan tidak membayar pajak tepat waktu dan berharap selalu ada pemutihan," pungkasnya.

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved