Pancasila Bukan Hanya Simbol Tapi Harus Diamalkan

Pemerintah Kota Pagaralam memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan menggelar upacara gabungan yang diikuti seluruh ASN, TNI dan Polri

Pancasila Bukan Hanya Simbol Tapi Harus Diamalkan
SRIPO/WAWAN SEPTIAWAN
Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni menjadi Irup upacara hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Merdeka Pagaralam, Selasa (1/10/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PAGARALAM - Pemerintah Kota Pagaralam memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan menggelar upacara gabungan yang diikuti seluruh ASN, TNI dan Polri, di Lapangan Merdeka Alun-alun Utara, Selasa (1/10/2019). Walikota Pagaralam Alpian Maskoni bertindak sebagai lnspektur Upacara.

Pantauan sripoku.com, Selasa (1/10/2019) menyebutkan, upacara diawali dengan mengheningkan cipta sebagai wujud pengingat atas perjuangan pahlawan yang gugur memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Pancasila oleh Walikota yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Sementara pembacaan lkrar Kesaktian Pancasila dibacakan oleh Ketua DPRD Pagar Alam Jenny Shandiyah, sedangkan Wakil Ketua I DPRD Dessy Siska membacakan UUD 1945. Kapten Inf Subianto bertindak sebagai komandan upacara.

Walikota Pagaralam Alpian Maskoni mengatakan, dalam memaknai upacara kesaktian Pancasila ini dirinya menjelaskan segala sesuatu harus dikerjakan dengan bersungguh-sungguh agar semua bisa tercapai.

"Jika kita bekerja dengan serius dan tugas kita maka yakinlah apa yang kita ingin capai untuk kemajuan semua sektor di Kota Pagaralam ini akan tercapai," katanya.

Sementara itu Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara SIk MH menjelaskan bahwa Pancasila merupakan pondasi negara Indonesia. Pancasila mengandung nilai-nilai Universal.

"Upacara kesaktian Pancasila ini diharapkan jangan hanya menjadi simbol seremonial saja. Namun harus diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat," jelasnya.(SP/one)

Editor: Ray Hapyeni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved