Gadis Remaja yang Pancing Erwin Untuk Dibunuh Tak Ditahan, Umurnya Ternyata Masih 12 Tahun

Tiga tersangka pembunuh Erwin alias W yang tewas bersimbah darah di Jalan A Yani, Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II

Gadis Remaja yang Pancing Erwin Untuk Dibunuh Tak Ditahan, Umurnya Ternyata Masih 12 Tahun
Tribun Sumsel/ Eko Hepronis
IM alias B pacar Erwin yang diduga terlibat pembunuhan diamankan di Polres Lubuklinggau, Minggu (22/9/2019) 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Tiga tersangka pembunuh Erwin alias W yang tewas bersimbah darah di Jalan A Yani, Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II beberapa waktu lalu semuanya sudah tertangkap.

Ketiganya yakni Haidar (15), IL alias Kancil (15) dan di IM alias B (12). Haidar ditangkap saat pulang sekolah, Jumat (20/9) lalu, sedangkan IL dan IM diamankan Minggu (22/9) atau selang dua hari kemudian.

Namun untuk IM alias B tidak ditahan oleh pihak kepolisian dan saat ini dikembalikan kepada orang tuanya.

"IM tidak kita lakukan penahanan karena masih anak di bawah umur, umurnya baru 12 tahun," ungkap KBO Reskrim Iptu Sudarno pada Tribunsumsel.com, Kamis (26/9).

Sudarno menjelaskan, dalam Undang-Undang Republik Indonesia No 11 tahun 2012 pasal 32 menyebutkan jika anak yang bisa dilakukan penahanan yakni berumur 14 tahun ke atas.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, polisi sempat ingin menitipkannya ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Lubuklinggau dengan alasan keamanan.

"Tapi KPAID tidak ada ruang tahanan, akhirnya kita kembalikan kepada orang tuanya sejak dilakukan pemeriksaan intensif selama 24 jam pasca penangkapan, IM setiap hari sekarang wajib lapor dengan didampingi orang tuanya," paparnya.

Meskipun tidak dilakukan penahanan, status IM saat ini tetap tersangka sembari menunggu berkas dilimpahkan ke kejaksaan, dan menunggu keputusan pengadilan.

"Apakah dititipakan di Lapas atau
dikembalikan kepada orang tuanya. Kita menunggu putusan Pengadilan.
Untuk rekonstruksi akan dilakukan besok, setelah rekon baru dilakukan pelimpahan," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Eko Hepronis
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved