Capek Tapi Senang Siswa PAUD Antusias Ikut Manasik Haji

Ribuan murid PAUD se kecamatan Lawang Kidul tampak antusias ikuti manasik haji yang digelar Persatuan Kerja Guru (PKG) TK/PAUD di Kecamatan

Capek Tapi Senang Siswa PAUD Antusias Ikut Manasik Haji
TRIBUNSUMSEL
Tampak suasana manasik haji cilik di Masjid Jamik Bukit Asam Tanjung Enim 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM- Ribuan murid PAUD se kecamatan Lawang Kidul tampak antusias ikuti manasik haji yang digelar Persatuan Kerja Guru (PKG) TK/PAUD di Kecamatan Lawang Kidul, Selasa, (24/9/2019)

Berdasarkan pantauan Tribunsumsel.com di lapangan, kegiatan manasik haji cilik tersebut dipusatkan dimasjid Jamik Bukit Asam Tanjung Enim, dimana didalam masjid tersebut disulap bak berada ditanah haram dengan dilengkapi berbagai properti berupa miniatur ka'bah, miniatur tiang batu untuk melempar jumrah, dan yang lainnya.

Para pesertapun tampak antusias saat diajak oleh para guru pendamping dan pembimbing manasik haji berlari-lari kecil saat mengelilingi miniatur ka'ba dan melaksanakan simulasi dari berbagai macam rukun haji.

Seperti yang dikatakan oleh Ketua Panitia Pelaksana, Tuti Niati bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang digelar oleh Persatuan Kerja Guru (PKG) TK/Puad di Kecamatan Lawang Kidul.

" Dimana tahun ini kita laksanakan setelah jamaah haji kita pulang dari melaksanakan ibadah haji ditanah suci mekkah, dan karena kegiatan haji masih hangat-hangatnya dan kami rasa saat ini adalah waktu yang tepat untuk pelaksanaan manasik haji cilik ini," katanya.

Dijelaskannya bahwa dalam kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 1.200 orang peserta yang berasal dari 30 TK, PAUD, RA yang ada di kecamatan Lawang Kidul.

" Dalam kegiatan ini para peserta didampingi oleh guru pendamping dengan jumlah 172 orang dan juga orang tuanya yang kita suruh menunggu di luar masjid," katanya.

Dijelaskan Tuti, kegiatan ini bertujuan sebagai upaya penguatan nilai-nilai agama dan membiasakan diri melaksanakan rukun islam kepada anak-anak usia dini.

" Selain mendukung program Pemkab Muaraenim, kegiatan ini juga sebagai media untuk menambah wawasan para murid untuk mengetahui tata cara ibadah haji yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh jutaan umat muslim diseluruh dunia yang dilaksanakan ditanah suci," katanya.

Ditambahkannya dengan praktek langsung, diharapkan menjadi bekal keimanan bagi para peserta dimasa yang akan datang.

Halaman
12
Tags
PAUD
Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Ray Hapyeni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved