Dinas Kesehatan Muaraenim Bagikan 1.000 Kotak Masker di 5 Kecamatan

Dinas Kesehatan Kabupaten Muaraenim membagikan 1.000 kotak masker di lima kecamatan, Minggu (22/9/2019)

Dinas Kesehatan Muaraenim Bagikan 1.000 Kotak Masker di 5 Kecamatan
Tribun Sumsel/ Ika Anggraeni
Dinas Kesehatan Kabupaten Muaraenim membagikan 1.000 kotak masker di lima kecamatan, Minggu (22/9/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM,MUARAENIM-Dinas Kesehatan Kabupaten Muaraenim membagikan 1.000 kotak masker di lima kecamatan, Minggu (22/9/2019).

Pembagian masker ini dalam rangka mencegah dampak terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Sesuai dengan surat edaran bupati, untuk mengantisipasi dampak dari karhutlah, Dinkes Muaraenim telah mengunjungi posko-posko siaga karhutlah untuk memeriksa kesehatan petugas piket dan menyerahkan masker,"kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muaraenim, Vivi Mariani.

Selain membagikan masker, Dinkes Muaraenim juga menyerahkan vitamin dan obat lain yang dibutuhkan oleh petugas di posko-posko.

"Kita juga telah menginstruksikan puskes dan seluruh petugas di desa untuk turun ke masyarakat terutama yang memiliki balita, ibu hamil dan lansia. Untuk mengecek kesehatan dan antisipasi dini terhadap dampak kabut asap,"jelasnya.

Menurut Vivi, masker itu dibagikan di tiga kecamatan yang terdampak dan rawan terjadi karhutla diantaranya kecamatan Gelumbang, Sungai Rotan dan Muara Belida, dua lagi di Muaraenim dan Lawang Kidul.

Ia juga mengatakan dinas kesehatanpun saat ini rutin turun kelapangan untuk memantau langsung sejauh mana dampak karhutlah berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat.

"Kita telah melakukan surveilans ketat terhadap penyakit dampak karhutlah seperti infeksi saluran pernapasan, namun sejauh ini kondisi kesehatan masyarakat diwilayah terdampak karhutla masih normal,"

"Namun untuk mengantisipasinya kita juga telah mengaktifkan tim reaksi cepat kejadian luar biasa, selain itu ada juga posko-posko kesehatan yang kita dirikan yang mudah dijangkau masyarakat yang kena dampak, sehingga jika ditemukan penyakit akibat dampak karhutlah bisa segera ditangani," katanya.

Ia juga mengimbau masyarakat yang berada di wilayah terdampak karhutla untuk tidak terlalu sering beraktivitas di luar jika tidak terlalu penting.

"Dan jika memang harus keluar, hendaknya gunakanlah masker, dan rutin mengecek kesehatan di posko-posko yang telah kita sediakan," pungkasnya.

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved