Ada 7 Pilkada di Sumsel, Namun Nasdem Hanya Buka di 5 Daerah Pendaftaran, Alasannya Ini

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Provinsi Sumsel, membuka pendaftaran calon Bupati dan wakil Bupati

Ada 7 Pilkada di Sumsel, Namun Nasdem Hanya Buka di 5 Daerah Pendaftaran, Alasannya Ini
ARIF BASUKI ROHEKAN/TRIBUNSUMSEL.COM
Ketua DPW Nasdem Sumsel Syahrial Oesman didampingi Sekretaris Ali Syaban, ketua Bapillu DPW Nasdem Sumsel Didi Apriadi, serta ketua partai tingkat Kabupaten, selepas rapat persiapan Pilkada di Sekretariat DPW Nasdem Sumsel, Jumat (21/9/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,---Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Provinsi Sumsel, membuka pendaftaran calon Bupati dan wakil Bupati, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Sumsel.

Meski ada 7 daerah (Kabupaten) yang akan melaksanakan Pilkada di Sumsel, yaitu Ogan Ilir (OI), OKU, OKU Timur, OKU Selatan, PALI, Mura dan Muratara. Namun, partai Nasdem hanya membuka pendaftaran di 5 daerah saja.

"OKU dan OKU Timur, Nasdem tidak membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah, karena petahananya adalah kader kita (Nasdem)," kata ketua DPW Nasdem Sumsel Syahrial Oesman didampingi Sekretaris Ali Syaban, ketua Bapillu DPW Nasdem Sumsel Didi Apriadi, serta ketua partai tingkat Kabupaten, selepas rapat persiapan Pilkada di Sekretariat DPW Nasdem Sumsel, Jumat (21/9/2019).

Menurut Syahrial, Bupati OKU saat ini Kuryana Azis merupakan ketua DPD Nasdem OKU, sementara Bupati OKU Timur Kholid Mawardi merupakan Ketua Dewan Pertimbangan DPD Nasdem OKU Timur.

"Jadi dua daerah itu sudah include (tutup) tidak buka pendaftaran, karena ada kader Nasdem dan mereka saat ini masih menjabat," bebernya.

Ditambahkan mantan Gubernur Sumsel ini, kader Nasdem yang masih menjabat, pada prinsipnya tetap akan berpasangan atau tetap sepaket kedepannya.

"Sebab cabup yang menentukan wakilnya sendiri. Kecuali kalau memang tidak ada, bisa kita rekomendasikan," tuturnya.

SO sapaan akrab Syahrial juga memberikan isyarat, untuk daerah seperti OKU Selatan dan Mura, bisa saja pendaftarannya ditiadakan. Mengingat Wakil Bupati OKU Selatan saat ini Solihin dan Bupati Mura Hendra merupakan kader Nasdem.

Dalam Pilkada 7 Kabupaten di Sumsel tahun 2020 nanti, Nasdem menargetkan menyapu bersih kemenangan. Hal ini berkaca pada hasil Pilkada 2015, yang hanya kalah di Muratara dan OI.

"Target 7 menang. Dulu hanya kalah Muratara dan OI. Insyallah dari kekuatan hasil Pileg mudah- mudahan kita menang. Kita sudah diminta ketum untuk menguatkan struktur dan sayap partai didaerah, agar memperkuat akses dalam pemilihan dan keterpilihan masyarakat nanti," ujarnya.

Selain itu, untuk pendaftaran balon kepala daerah itu nanti, partai Nasdem memastikan tidak ada mahar bagi setiap balon.

"Pendaftatan jelas no mahar, dan nanti struktur organisi partai terlibat dengan sanksi mengikat, bagi mereka yang tidak mendukung akan dipecat," tegasnya.

Sementara ketua Bapillu DPW Nasdem Sumsel Didi Apriadi menyatakan, pendaftaran akan dibuka pada 23 September hingga 23 Oktober mendatang, di sekretariat DPD tingkat Kabupaten dan DPW Nasdem Sumsel. Nanti kandidat bisa menggunakan 8 lembaga survey yang direkomendasikan partai Nasdem.

"Nanti pada 24-31 Oktober dilakukan pemaparan visi- misi balom di, dan pada 1-5 November dilakukan rapat pleno DPW untuk menyaring nama yang akan direkomendasikan ke DPP. Nanti Desember akan mengundang pasangan calon yang diusung," pungkasnya.

Caption: ketua DPW Nasdem Sumsel Syahrial Oesman didampingi Sekretaris Ali Syaban, ketua Bapillu DPW Nasdem Sumsel Didi Apriadi, serta ketua partai tingkat Kabupaten, selepas rapat persiapan Pilkada di Sekretariat DPW Nasdem Sumsel, Jumat (21/9/2019).

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved