Mengenal Sukanto Tanoto - Sang Tuan di Tanah Lahan Ibu Kota Baru Indonesia, Ternyata Tak Lulus SMA

Sosok Sukanto Tanoto ramai diperbincangkan usai Presiden Joko Widodo mengumumkan lokasi pemindahan Ibu Kota Indonesia.

Mengenal Sukanto Tanoto - Sang Tuan di Tanah Lahan Ibu Kota Baru Indonesia, Ternyata Tak Lulus SMA
tangkap layar CNBC/Tribunnews
Sukanto Tanoto 

TRIBUNSUMSEL.COM -- Sosok Sukanto Tanoto ramai diperbincangkan usai Presiden Joko Widodo mengumumkan lokasi pemindahan Ibu Kota Indonesia. 

Ibu kota yang mulanya berada di Jakarta akan dipindah ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan  Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Melansir dari Tribunnews, Sukanto Tanoto disebut menguasai lahan Hutan Tanaman Industri (HTI) di kawasan calon ibu kota baru RI di Kalimantan Timur.

Hal itu diungkap oleh Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia yang juga mantan Menteri Perindustrian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), MS Hidayat.

"Saya baru dikasih tahu resmi bahwa tanah itu sebagian besar tanah HTI miliknya Sukanto Tanoto, HTI yang setiap saat bisa diambil oleh pemerintah," kata MS Hidayat di Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Menurutnya, kondisi tersebut membuat pemerintah tidak lagi kesulitan untuk penyediaan lahan ibu kota baru di Kalimantan Timur.

"Jadi tidak ada masalah dengan tanah," ucapnya.

Lantas siapa sebenarnya sosok konglomerat Indonesia, Sukanto Tanoto itu?

Melnasir dari laman sukantotanoto.net, Sukanto lahir di Medan pada hari Natal tahun 1949 dari sepasang perantau asal Putien, Provinsi Fujian di Tiongkok.

Sukantor sempat mengenyam pendidikan di sekolah berbahasa Mandarin dan tidak pernah belajar Bahasa Indonesia secara formal.

Sosok penguasa lahan Kalimantan
tangkap layar CNBC
Sosok penguasa lahan Kalimantan
Halaman
123
Editor: Moch Krisna
Sumber: GridHot.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved