Perjalanan 9 Tahun Berdirinya Bank BNI Syariah Membangun Bangsa, Buktikan Eksistensi

Perjalanan 9 Tahun Berdirinya Bank BNI Syariah Membangun Bangsa, Buktikan Eksistensi

Perjalanan 9 Tahun Berdirinya Bank BNI Syariah Membangun Bangsa, Buktikan Eksistensi
TRIBUNSUMSEL.COM/HARTATI
Direksi dan Manajemen PT Bank Negeri Indonesia (BNI) Syariah berkunjung ke Graha Tribun menjalin silaturahmi, Rabu (18/9/2019) 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Hartati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Direksi dan Manajemen PT Bank Negeri Indonesia (BNI) Syariah berkunjung ke Graha Tribun menjalin silaturahmi

SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan, Iwan Abdi memaparkan sejarah berdirinya bank BNI Syariah yang dulunya menjadi bagian BNI konvensional.

Bank BNI berdiri sejak satu tahun pasca Indonesia merdeka telah menjadi bank yang memberikan konstribusi nyata pada bangsa khususnya dalam melawan krisis ekonomi.

Hal ini dibuktikan pada krisis ekonomi 1997-1998, tidak ada satupun perbankan luar negeri mau menerima transaksi perbankan Indonesia sehingga akses semua perbankan tertutup.

Hanya bank BNI yang memiliki kantor di luar negeri yakni lima kantor yang berada di Hongkong, Newyork dan lainnya saja yang mau menerima transaksi perbankan dari Indoneisa.

Jika tidak ada cabang di luar negeri maka akses perbankannya tertutup sama sekali.

"BNI dulu juga awalanya adalah bank Indonesia karena dulu awalnya ada dua divisi Bank Indonesia yang kemudian dipecah tugas dan fungsinya sehingga kemudian berdirilah sendiri menjadi Bank Negeri Indonesia (BNI)," papar Iwan.

Puluhan tahun melayani masyarakat, BNI kemudian memiliki unit usaha syariah dan lahirnya BNI Syariah yang resmi spin off pada 2010.

Iwan memaparkan, BNI Syariah sudah berdiri sejak sembilan tahun lalu dan menjadi tiga besar bank syariah di Indonesia dengan jumlah aset Rp 43 Triliun.

"Perjalanan sembilan tahun ini luar biasa bukan waktu yang singkat tapi juga sudah membuktikan eksistensi BNI Syariah di tengah masyarakat dengan merraih 57 penghargaan bank syariah terbaik. Tahun ini kita yakin bisa menggondol 60 perhargaan terbaik bank syariah," ujarnya Iwan, Rabu (18/9/2019).

Khusus di Sumsel, BNI Syariah memiliki empat cabang yang juga terdapat di daerah yakni Baturaja atau OKU.

BNI Syariah ingin terus mempertahankan eksistensinya di tengah persaingan perbankan saat ini sehingga juga memerlukan dukungan media untuk kegiatan publikasi.

"Kita ingin berkenalan dan juga diperkenalkan sehingga hubungan dan kerjasama ke depan akan semakin baik," tutupnya.

Penulis: Hartati
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved