Saat Baru Jabat Kapolda Sumsel, Ini Jawaban Irjen Pol Firli Ketika Ditanya Mengenai Korupsi

Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli yang terpilih menjadi Ketua KPK periode 2019-2023 pernah mengungkapkan saat ditanya mengenai korupsi

Saat Baru Jabat Kapolda Sumsel, Ini Jawaban Irjen Pol Firli Ketika Ditanya Mengenai Korupsi
Tribun Sumsel/ M Ardiansyah
Kapolda Sumsel Irjen Firli 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli yang terpilih menjadi Ketua KPK periode 2019-2023 pernah mengungkapkan saat ditanya mengenai korupsi ketika baru menjabat sebagai Kapolda.

Menurut Firli, bila kasus korupsi merupakan tanggung jawab bersama. Lulusan Akpol 1990 ini menggungkapkan memang aparat penegak hukum yang berwenang menangani tindak pidana korupsi yakni Polri, Kejaksaan dan KPK, pastinya ingin selalu melakukan penegakan hukum.

Seperti KPK, tugasnya KPK melakukan koordinasi dengan aparat penegak hukum lain yang tengah menangani kasus korupsi. Selain itu, melakukan supervisi dengan aparat penegak hukum yang menangani korupsi.

"KPK juga bisa melakukan tugas pokonya mengenai penyelidikan tentang kasus korupsi. Saya kira korupsi itu adalah musuh kita bersama. Pemberantasannya adalah tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat," ujarnya beberapa waktu lalu.

Menurut Firli, korupsi ini tidak bisa diberantas sendiri dari aparat penegak hukum. Sebenarnya, masyarakat juga bisa berperan aktif dalam memberantas korupsi dengan melaporkan adanya dugaan kasus korupsi yang diketahui.

Namun, dengan syarat dilengkapi bukti-bukti yang pasti, sehingga tidak timbul fitnah kedepannya atas laporan yang diberikan. Dengan laporan yang kuat, sehingga penyidik bisa melakukan penyelidikan dan pengungkapan dari laporan yang disampaikan masyarakat.

"Jangan hanya sekedar memberikan informasi, tanpa tidak didukung dengan bukti yang kuat. Bukti sangat perlu, sehingga tidak fitnah," katanya.

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved