Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian RI, Prof Dedi Nursyamsi Tekankan Penguatan SDM Pertanian

"Kita harus ada waktu palang artinya mengesekusi, siapa mengerjakan apa dan kapan," ujar Prof Dedi.

Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian RI, Prof Dedi Nursyamsi Tekankan Penguatan SDM Pertanian
TRIBUN SUMSEL/HUMAS SMK PP SEMBAWA
RAPIM PPSDMP - Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Sumberdaya Lahan Pertanian Kementerian Pertanian RI Prof Dedi Nursyamsi ketika rapat pimpinan (Rapim) lingkup Badan PPSDMP, untuk menekankan pentingnya kinerja seluruh jajaran pimpinan di BPPSDMP untuk selesai tepat waktu, karena tak ada istilah perpanjangan waktu, Jumat (6/9/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN - Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian RI Prof Dedi Nursyamsi menekankan pentingnya kinerja seluruh jajaran pimpinan di BPPSDMP.

Pekerjaan harus diselesaikan tempat waktu dan tak ada istilah perpanjangan waktu.

 "Kita kerja 2 Januari bukan 2 Agustus, dan bukan 2 September. Tidak ada istilah perpanjangan waktu,” tegas Prof Dedi pada saat Rapat Pimpinan lingkup Badan PPSDMP di Hotel Tour Point Makassar, Jumat (6/9/2019) lalu.

"Perencanaan tahun 2020 harus tuntas tahun ini termasuk perencanan konstruksi bangunan, rehabilitasi, hingga pengadaan laboratorium. Semua spesifikasi siapkan dari sekarang, sehingga 2 Januari langsung upoad semua lelang fisik," tutur Prof Dedi dihadapan pimpinan lingkup badan PPSDMP.

"Kita harus ada waktu palang artinya mengesekusi, siapa mengerjakan apa dan kapan," ujar Prof Dedi.

Ia mencontohkan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan), Yogya-Magelang (Yoma) sudah melakukan sangat baik.

Ada waktu palangnya sudah dan melakukan persiapan-persiapan untuk memastikan penambahan lahan bisa dieksekusi. Ini yang dimaksud percepatan, Januari 2020 sudah siap untuk menambah tanah Polbangtan Yoma seluas 5 ha.

"Buat jadwal palang untuk masing-masing kegiatan belanja modal. Pembangunan gedung, rehab gedung, peralatan laboratorium, peralatan kantor, kendaraan, hingga penambahan tanah. Belanja modal tersebut harus dibuat jadwal palangnya sampai betul-betul tereksekusi," tutur Prof Dedi.

Untuk anggaran yang relatif besar harus ada konsultan perencanaan dan output perencanaannya harus selesai tahun ini. Prof Dedi kembali mengingatkan bahwa 2 Januari 2020 itu sudah lelang konstruksi lelang fisik bukan lelang perencanaan. Padan Tahun 2020 kita harus lebih baik dari pada tahun 2019.

Kementerian Pertanian melalui BPPSDMP fokus dalam menciptakan SDM pertanian yang mandiri, profesional, berdaya saing dan berjiwa entrepreneurship tinggi melalui Program Pendidikan Pertanian, Program Peningkatan Penyuluhan dan Pelatihan Pertanian.

Nara Hubung:

Djayawarman Alamprabu
Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat, BPPSDMP
Kementerian Pertanian
Telp : 021-7804257 / Fax: 021-7804257
E-mail : humassdm@gmail.com

Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved