Pemkot Pagaralam Luncurkan Program Pinjaman Tanpa Bunga untuk Masyarakat

Pemkot Pagaralam melaksanakan penandatanganan MoU dengan PT BPD Sumsel Babel, di bidang pengembangan dan penguatan modal bagi usaha ekonomi

Pemkot Pagaralam Luncurkan Program Pinjaman Tanpa Bunga untuk Masyarakat
SRIPO/WAWAN SEPTIAWAN
TANDA TANGAN MoU : Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni saat menandatangani MoU bersama Bank SumselBabel terkait bantuan modal, Senin (9/9/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PAGARALAM - Pemkot Pagaralam melaksanakan penandatanganan MoU dengan PT BPD Sumsel Babel, di bidang pengembangan dan penguatan modal bagi usaha ekonomi kelompok masyarakat, koperasi dan UMKM.

Bantuan modal tanpa bunga dan jaminan bagi masyarakat Pagaralam ini, merupakan salah satu program unggulan dari kepemimpinan Walikota Alpian Maskoni dan Wakil Walikota Muhammad Fadli.

Pantauan sripoku.com, Senin (9/9/2019) menyebutkan, penandatanganan tersebut dilakukan oleh Walikota Alpian Maskoni dan pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Pagaralam M Taufan Yulistian, di ruang rapat Besemah III Setdako Pagaralam, Senin (9/9/2019).

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni mengatakan, program yang akan digulirkan Pemkot Pagaralam ini akan dilaksanakan dengan cara memberikan pinjaman modal tanpa bunga dan tanpa jaminan kepada pelaku usaha ekonomi kelompok masyarakat, koperasi dan UMKM di Kota Pagaralam.

"Pinjaman yang akan diberikan kepada masyarakat nantinya dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR)," ujar Wako.

Namun sebelum program ini digulirkan akan diterbitkan terlebih dahulu Peraturan Walikota (Perwako), yang akan menjadi pedoman bagi Pemkot Pagaralam, masyarakat, dan pihak perbankan.

"Perwako ini nantinya akan mengatur tentang tata cara pemberian pinjaman penguatan modal bagi usaha ekonomi kelompok masyarakat, koperasi dan UMKM di Kota Pagaralam," jelasnya.

Setelah Perwako diterbitkan, Pemkot melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui Kecamatan, Kelurahan dan RT/RW yang ada di Kota Pagaralam.

"Nantinya seluruh komponen yang terkait harus mematuhi Perwako yang akan segera diterbitkan. Hal ini agar program ini dapat berjalan dengan baik," katanya.

Wako berharap, program bantuan modal tanpa bunga dan jaminan ini nantinya dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Pagaralam.

"Saya meminta masyarakat untuk berkerjasama secara baik dengan pihak Pemkot Pagaralam dan perbankan, agar program ini benar-benar tepat sasaran dan bisa terus digulirkan," harapnya.

Penandatanganan MoU ini turut dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri M Zuhri, SH.MH, Kapolres AKBP Tri Saksono Puspo Aji, SIK, Pj Sekda Kota Pagaralam, dan sejumlah Kepala SKPD.(one)

Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved