Komunitas Tanjung Enim Bersih Gotong Royong Bersihkan Sampah di Lawang Kidul

Pemerintah kecamatan dengan dibantu oleh komunitas yang terdiri dari berbagai profesi tersebut secara gotong royong membersihkan sampah-sampah

Komunitas Tanjung Enim Bersih Gotong Royong Bersihkan Sampah di Lawang Kidul
Tribun Sumsel/ Ika Anggraeni
Suasana gotong royong pembersihan sampah yang menumpuk dikawasan Asrama AKIPBA Muaraenim 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM-Pemerintah Kecamatan Lawang Kidul bersama Komunitas Tanjung Enim Bersih (TEB), membersihkan tumpukan sampah di sekitaran Asrama Akademi Komunitas Industri Pertambangan (AKIPBA) Tanjung Enim, Senin (9/9/2019).

Pemerintah kecamatan dengan dibantu oleh komunitas yang terdiri dari berbagai profesi tersebut secara gotong royong membersihkan sampah-sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat.

Sampah itu mengeluarkan aroma bau menyengat yang mengganggu masyarakat saat melintas.

Camat Lawang Kidul, Drs Rahmad Noviar mengatakan, sampah menjadi salah satu permasalahan yang hingga kini belum mampu diatasi secara maksimal di kecamatan Lawang Kidul.

"Lawang Kidul saat ini masih menjadi salah satu penyumbang sampah bagi kabupaten Muaraenim," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa hal tersebut terjadi karena disebabkan beberapa faktor diantaranya kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada sempatnya.

"Selain itu keterbatasan anggaran pemerintah sehingga beberapa sarana prasarana untuk membersihkan sampah seperti menyiapkan kota sampah, bak-bak penampungan juga masih kurang, hingga permasalahan lahan untuk dijadikan TPApun menjadi salah satu faktornya namun kita tetap berusaha untuk mencarikan solusinya agar permasalahan sampah di lawang kidul ini dapat diatasi," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa untuk mencarikan solusi permasalahan sampah tersebut pihaknya telah mengajukan usulan kepada CSR PTBA.

"Namun sampai saat ini sepertinya belum ada respon apalagi mau realisasi, dan harapan saya untung mengatasi masalah sampah ini semua pihak harus melibatkan diri, termasuk semua perusahaan yang ada di kecamatan Lawang Kidul," katanya.

Pihaknya juga mnyambut baik adanya kegiatan yang digelar oleh sekelompok masyarakat yang peduli akan kebersihan di kecamatan Lawang Kidul tersebut.

Halaman
12
Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved