Berita Lubuklinggau

2 Sungai Surut, Layanan ke Pelanggan PDAM Tirta Bukit Sulap Lubuklinggau Terganggu

Musim kemarau yang terjadi dua bulan terakhir membuat tiga sumber air Perusahaan Daerah Air Minum-Tirta Bukit Sulap (PDAM-TBS) Kota Lubuklinggau

2 Sungai Surut, Layanan ke Pelanggan PDAM Tirta Bukit Sulap Lubuklinggau Terganggu
Tribun Sumsel/ Eko Hepronis
Petugas PDAM TBS sedang memperbaiki pipa untuk menyedot air Sungai Kelingi, Minggu (1/9/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU-Musim kemarau yang terjadi dua bulan terakhir membuat tiga sumber air Perusahaan Daerah Air Minum-Tirta Bukit Sulap (PDAM-TBS) Kota Lubuklinggau mengecil.

Selama ini PDAM TBS Kota Lubuklinggau mengandalkan Sungai Kasie, Sungai Apur, dan Sungai Kelingi sebagai sumber utama air ke pelanggan.

Kabid Teknik, PDAM-TBS Kota Lubuklinggau, Hadi Purwanto mengatakan, saat ini hanya mengandal Sungai Kelingi sebagai sumber utama PDAM TBS.

Karena dua sungai lainnya yakni Kasie dan Apur sudah surut.

Mobil Masuk Jurang, Guntur Mengantuk Hingga tak Tahu Jalan Diterobosnya Antarkan Dia ke Sungai

"Sungai Kelingi juga turun, namun, masih bisa disedot pakai mesin pompa. Dampaknya distribusi air bersih ke pelanggan sekarang terganggu," kata Hadi pada wartawan, Minggu (1/9/2019).

Hadi mengakui saat ini PDAM-TBS menerima banyak keluhan pelanggan. Namun ia meminta pelanggan memakluminya karena faktor alam yang tidak bisa dihindari.

"Normalnya distribusi air 80 liter per detik, tapi saat ini hanya 50 liter per detik itupun dilakukan sistem gilir agar semua pelanggan masih tetap didistribusikan air bersih," ujarnya.

Kebakaran 8 Kios Pasar Mambo Tanjung Enim, Umi Shock Langsung Selamatkan Cucu Lagi Tidur

Saat ini PDAM TBS masih melakukan uji coba bisa tidak air Sungai Kelingi disedot menggunakan dua pompa agar bisa optimal distribusi air bersih ke pelanggan.

“Kami tes terlebih dahulu, dan dilihat debet Sungai Kelingi memungkinkan atau tidak, jangan sampai nanti mesin pompa panas meledak dan rusak tapi airnya tidak bisa dialiri," tambah Hadi.

Hadi mengakui, kekeringan saat ini juga berdampak terhadap pemasukan PDAM-TBS. Namun, pihaknya tetap ingin memberikan pelayanan terbaik, salah satunya memberikan layanan air bersih ke pelanggan.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved