Pohon Angsana Tumbang di Muaraenim, Ini Sebabnya

Pohon besar jenis Angsana yang sudah tua dikawasan jalan Mutik RT 01 RW 07 Pasar Tanjung Enim akhirnya ditumbangkan oleh sejumlah instansi terkait.

Pohon Angsana Tumbang di Muaraenim, Ini Sebabnya
Tribun Sumsel/ Ika Anggraeni
Pohon tumbang menimpa gedung Unit Penjamin Mutu (UPM) Prodi D III Kebidanan Poltekes Kemenkes Palembang di Muaraenim, Rabu(29/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Ika Anggraeni

MUARAENIM, TRIBUNSUMSEL.COM- Dua buah pohon besar jenis Angsana yang sudah tua dikawasan jalan Mutik RT 01 RW 07 Pasar Tanjung Enim akhirnya ditumbangkan oleh sejumlah instansi terkait. Kamis, (29/8/2019).

Berdasarkan pantauan Tribunsumsel.com di lapangan, adapun sejumlah instansi terkait tersebut diantaranya pemerintahan kecamatan Lawang Kidul, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan PBK Muaraenim di bantu UPTD kebersihan dan Pertamanan kecamatan Lawang Kidul, K3 L PT BA, UPTD Dishub, Lurah Bhabinkamtibmas, Babinsa kelurahan Pasar Tanjung Enim serta RT dan RW terkait.

Seperti yang dikatakan oleh Kepala UPTD Kebersihan dan Pertamanan Lawang Kidul Dedy Elyadi mengatakan bahwa ditumbangkannya kedua pohon yang berukuran besar tersebut dilakukan sebagai
upaya antisipasi adanya pohon tumbang sendiri akibat dampak angin kencang dan mulai masuknya musim hujan di wilayah kabupaten Muara Enim utamanya di kecamatan Lawang Kidul.

" Seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu yang menyebabkan beberapa warung dan atap rumah warga mengalami kerusakan dan hampir memakan korban, dan keberadaan dua pohon besar jenis Angsana yang sudah tua ini mengundang kekhawatiran warga sekitar pasar pagi yang banyak dengan aktifitas," katanya.

Untuk itulah lanjutnya berdasarkan usulan masyarakat yang masuk kepihaknya untuk meminta agar pohon tersebut dipangkas maka pihaknyapun menindak lanjutinya dengan bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait.

" Dengan menggunakan dua unit truk sampah dibantu Crane milik PT BA Puluhan tenaga dari berbagai instansi ikut terlibat melakukan pemangkasan terhadap dua pohon besar ini. Dan kita minta kan agar pohon ini seminimal mungkin untuk di pangkas karena jalur pasar ini terbilang padat, Sehingga tidak lagi mengancam aktifitas warga yang ada disekitar pohon ini,"katanya.

Ditambahkan Lurah Pasar Tanjung Enim, Najiburrahman bahwa pihaknya menyambut baik adanya respon cepat dari sejumlah pihak terkait untuk melakukan sejumlah pemangkasan pohon-pohon yang telah dimakan usia tersebut.

" Untuk antisipasi persoalan jalur listrik yang ada di sekitar lokasi, kita sudah menghubungi pihak PLN agar melakukan pemadaman sementara di jalur pasar pagi selama pemangkasan dua pohon besar ini," Ungkap Lurah Pasar Tanjung Enim ini.

Dikatakannya hal ini dilakukan semata-mata untuk memberikan rasa aman untuk masyarakat yang berlalu lalang maupun berjualan dikawasan tersebut.

" Menginggat sejumlah ranting dipohon tersebut sudah dimakan usia, jadi dari pada nanti tumbang dan sampai memakan korban lebih baik kita tumbangkan sendiri," pungkasnya.

Caption: tampak petugas sedang melakukan pemangkasan pohon tua dikawasan pasar Tanjung Enim

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Erwanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved