BMKG Prediksi Hujan Lokal di Sejumlah Wilayah Sumsel Hari Ini, Ini Lokasinya

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II memperkirakan sejumlah wilayah di Sumatera Selatan (Sumsel) hari

BMKG Prediksi Hujan Lokal di Sejumlah Wilayah Sumsel Hari Ini, Ini Lokasinya
HO-Scroll.in
BMKG Prediksi Hujan Lokal di Sejumlah Wilayah Sumsel Hari Ini, Ini Lokasinya 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II memperkirakan sejumlah wilayah di Sumatera Selatan (Sumsel) hari ini, Selasa (27/8/2019) akan terjadi hujan lokal hingga hujan disertai petir.

Berdasarkan pengamatan data BMKG pagi ini yang diperbaharui pukul 06.00 terpantau kondisi cuaca pagi hari cerah berawan.

Potensi hujan lokal akan terjadi di wilayah Musirawas Utara dan Lubuk linggau.

Sementara itu siang hari cuaca berawan potensi hujan lokal di wilayah Banyuasin, Lahat, Lubuk Linggau, OKU dan Pagaralam.

Malam hari cuaca berawan hingga berpotensi hujan disertai petir di wilayah OKU, OKU Selatan dan Pagaralam.

Potensi hujan lokal juga diprediksi akan meluas hingga di wilayah Empat lawang, Lubuk Linggau, Muaraenim, Musi Banyuasin, Musirawas Utara, PALI, Pagaralam, Palembang dan Prabumulih.

Dini hari cuaca erah berawan dan udara kabur yang menyebabkan potensi hujan lokal di wilayah OKI, OKU, OKU Selatan dan Muaraenim.

Suhu Udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI akan berkisar pada suhu 23 – 34derajat Celcius dengan kelembaban Udara 45- 97 persen.

Sementara itu suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam dan OKU Selatan berkisar 18 – 32 derajat Celcius dengan kelembaban udara 50-100 persen.

BMKG juga memperkirakan angin timur – Selatan akan bertiup dengan kecepatan 05 – 30 km per jam.

Untuk tinggi gelombang laut diprakirakan aman bagi pelayaran di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Utara dan Selat Bangka bagian Selatan karena gelombang hanya setinggi 0.3 – 1 meter dan kondisi cuaca cerah berawan.

BMKG memberikan peringatan dini waspada potensi mudah terjadinya kebakaran lahan atau hutan di wilayah Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Muara Enim, Penukal Abab Lematang Ilir, Banyuasin dan Musi Banyuasin akibat kemarau.

Selain potensi kebakaran, masyarakat juga dihimbau waspadai hujan dengan intensitas sedang yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang dengan durasi singkat pada sore dan malam hari di wilayah Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Banyuasin, OKU dan OKU Selatan.

Penulis: Hartati
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved