Berita Palembang

Lolos 10 Besar Nasional, Ayo Dukung Gapura Ampera Palembang Ini Jadi Juara dengan Cara Ini

Aapura Ampera dengan konsep warna merah putih itu berhasil masuk dalam peringkat 10 besar se-Indonesia

Lolos 10 Besar Nasional, Ayo Dukung Gapura Ampera Palembang Ini Jadi Juara dengan Cara Ini
Tribun Sumsel/ Shinta Dwi Anggraini
Anak muda di jalan Batu Nilai lorong cempaka dalam RT 18 RW 05 Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang, rela turun kejalan demi mengajak pengendara yang melintas untuk memberikan dukungan agar gapura ini menang dalam festival gapura cinta negeri untuk memperebutkan piala bergilir presiden, Minggu (28/8/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Pemandangan tak biasa, tampak terlihat di depan gapura jalan Batu Nilai lorong cempaka dalam RT 18 RW 05 Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang, Minggu (25/8/2019).

Anak-anak muda di wilayah ini rela turun ke jalan dan mengajak para pengendara yang melintas untuk mendukung gapura di wilayah tersebut agar menjadi juara dalam festival gapura cinta negeri.

Sebelumnya, dalam festival yang memperebutkan piala bergilir presiden tersebut, gapura Ampera dengan konsep warna merah putih itu berhasil masuk dalam peringkat 10 besar se-Indonesia.

"Sangat bersyukur sekali kita bisa masuk 10 besar. Bahkan hal yang semakin membuat kami bahagia yakni gapura ini merupakan satu-satunya perwakilan dari palembang, bahkan juga dari Sumatera,"ujar Mahgodi tokoh pemuda setempat.

Gunakan Bahan Bekas, Gapura Ampera di 26 Ilir Palembang Ini Masuk 10 Besar Nasional

Sembari menggunakan atribut simbolis bendera merah putih di kepalanya, anak-anak muda itu juga turut membawa kertas karton bertuliskan ajakan bagi para pengendara yang lewat untuk memberikan dukungan pada gapura tersebut.

Caranya dengan membuka akun @festivalgapura kemudian pilih gambar gapura dari kota Palembang.

"Berikan like, komentar dan jangan lupa di-share. Supaya semakin banyak orang yang memberikan dukungan. Batas waktu dukungan sampai tanggal 29 Agustus nanti,"ujar Mahgodi.

Gapura yang mengusung tema merah putih dan simbol jembatan Ampera yang merupakan simbol kebanggaan warga kota Palembang ini, tampak selaras dengan cat merah putih yang menjadi pelengkap dari gapura ini.

Siapa sangka, gapura setinggi 4 meter dan lebar 3,8 meter tersebut, dibangun dari bahan bekas dari tiang umbul umbul dan bekas Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Warga 26 Ilir gembira berfoto dengan latar gapura Ampera yang menjadi pemenang 10 besar tingkat nasional, Jumat (23/8/2019).
Warga 26 Ilir gembira berfoto dengan latar gapura Ampera yang menjadi pemenang 10 besar tingkat nasional, Jumat (23/8/2019). (Sripo/ Yandi)

"Gapura ini dibangun dari biaya sukarela masyarakat sekitar. Gabungan dari 2 RW yang terdiri dari 7 RT, kami bekerjasama untuk membangun gapura ini,"ucapnya.

Sebelumnya, gapura ini berhasil menyingkirkan 1.793 peserta lainnya dari seluruh Indonesia.

Serta dibangun atas dasar cinta terhadap tanah air dengan konsep konsep kesederhanaan dan tidak permanen sesuai dengan petunjuk teknis dari festival tersebut.

"Ini adalah kali pertama kami ikut lomba. Atas inisiatif anak muda dan didukung oleh warga, gapura ini bisa berdiri."

"Kami berharap bisa menang. Sehingga kami tampilkan berbeda dari yang lain. Namun tetap mengusung konsep kesederhanaan, tidak permanen dan dari dana warga bukan bantuan. Sesuai dengan petunjuk teknis dari festival ini,"tuturnya.

Penulis: Shinta Dwi Anggraini
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved