Biji Karet Ternyata Bisa Dijadikan Camilan, Dibuat di Musi Banyuasin, Kini Sudah Dijual Online

ahukah Anda, ternyata biji karet bisa jadi camilan yang yummy loh. Sebab biji karet bisa diolah menjadi makanan yaitu jadi keripik biji karet atau di

Biji Karet Ternyata Bisa Dijadikan Camilan, Dibuat di Musi Banyuasin, Kini Sudah Dijual Online
TRIBUNSUMSEL.COM/LINDA TRISNAWATI
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Muba Richard Chahyadi menujukan keripik biji karet. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Tahukah Anda, ternyata biji karet bisa jadi camilan yang yummy loh.

Sebab biji karet bisa diolah menjadi makanan yaitu jadi keripik biji karet atau disingkat Keripik Bikar.

Bahkan ada varian rasa original dan pedas loh.

Keripik biji karet ini dipamerkan di Gelar Teknologi Tepat Guna XV tingkat Provinsi Sumsel tahun 2019 yang berpusat di Alun-alun Kota Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin mulai 22-24 Agustus mendatang.

"Keripik biji karet yang ditampilkan pada GTTG XV tahun 2019 ini merupakan hasil inovasi masyarakat Supat Barat di Kecamatan Babat Supat," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Muba Richard Chahyadi, Jumat (23/8/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan Keripik Bikar ini juga sudah memiliki izin P-IRT, namun untuk pemasaran masih via online seperti melalu media sosial instagram dengan nama akun supbar_.

Lalu ada juga facebook dan Shoppe. Kedepan akan segera dibangun jalur distribusi nya terutama untuk gerai minimarket dan warung-warung lokal.

Keripik biji karet itu idenya muncul saat Tim dari Dinas PMD melakukan pendampingan pengelolaan manajemen Bumdes Citra Muda Mandiri di Desa Supat Barat tahun 2018.

Pada saat dilakukan pendampingan, ada semacam tukar pendapat tentang pemilihan jenis usaha baru.

Melihat masyarakat di Supat Barat rata-rata petani karet maka akhirnya unit usaha baru produksi Keripik Biji Karet dimunculkan.

"Harapanya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Jadi sesudah memotong atau menyadap karet, masyarakat bisa mencari biji-biji karet dan dijual ke Bumdes," ungkapnya.

Untuk keripik biji karet ini dijual dengan harga Rp 10.000 per bungkus, dengan ukuran kemasan 14x23 dan netto dikemasan tertulis 60gram.

Rasa dari keripik biji karet ini gurih dan renyah.

Bagi penyuka pedas juga ada yang rasa pedas.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved