Berita Palembang

Warga Nelayan dan Balai Riset Perikanan Penyuluhan Perikanan Punguti Sampah di Sungai Musi

Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar Gerakan Menghadap ke Laut dalam rangka merayakan 74 tahun kemerdekaan Indonesia

Warga Nelayan dan Balai Riset Perikanan Penyuluhan Perikanan Punguti Sampah di Sungai Musi
Tribunsumsel.com
Bersihkan Sampah di Sungai Musi 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar Gerakan Menghadap ke Laut dalam rangka merayakan 74 tahun kemerdekaan Indonesia.

Gerakan Menghadap Laut ini merupakan gerakan kepedulian laut terbesar yg pernah ada di Indonesia yang mengedepankan keswadayaan masyarakat.

Di Palembang, kegiatan membersihkan sungai, danau dan laut dipusatkan di Sungai Musi atau di pinggiran Kampung Kapitan, dihadiri juga oleh Kepala Biro Hukum dan Organisasi KKP, Tini Martini, Minggu (18/8/2019).

Kaka Slank dkk Punguti Sampah di Sungai Kelingi Lubuklinggau

Kepala Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Palembang, Dr Arif Wibowo menjelaskan, aksi ini merupakan kegiatan bersih-bersih pantai, laut dan perairan dari sampah plastik yang digelar serentak di 74 titik dengan target diperkirakan lebih dari 74.000 orang terlibat

"Hari ini serentak digelar mulai dari Aceh sampai Papua di seluruh Indonesia dengan harapan laut dan sungai kita bisa lebih bersih," jelasnya.

Kegiatan bersih pantai, laut dan perairan merupakan program tahunan yang dilakukan oleh KKP sejak tahun 2002.

Kegiatan ini telah menjadi bagian dari Aksi Rencana Nasional untuk pengurangan sampah plastik yang masuk ke laut.

"Palembang dengan Sungai Musi yang memberi kehidupan bagi masyarakat dan penduduknya, sudah sepatutnya kita jaga kelestarian sungai Musi ini dengan mulai mengurangi penggunaan sampah plastik dan tidak membuangnya ke sungai atau perairan lainnya," ungkapnya.

Gerakan ini juga sebagai sebuah langkah baik dan saya mengapresiasi partisipasi warga, masyarakat, perangkat desa, kecamatan, kampung kapitan dan seluruh pendukung kegiatan.

Kegiatan ini menunjukkan bahwa kekuatan bersama antara pemerintah dan masyarakat bisa menjaga sungai dan perairan kita yang merupakan masa depan anak cucu kita.

Halaman
12
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved