Berita Palembang

63 Ribu Hektare Area Suaka Margasatwa Padang Sugihan Direstorasi Badan Restorasi Gambut

63 Ribu Hektare Area Suaka Margasatwa Padang Sugihan Direstorasi, Mulai Ditempati Koloni Gajah

63 Ribu Hektare Area Suaka Margasatwa Padang Sugihan Direstorasi Badan Restorasi Gambut
Tribunsumsel.com/Linda
Gambut Suaka Marga Satwa 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Badan Restorasi Gambut (BRG) memfasilitasi restorasi gambut di tujuh provinsi selama lima tahun dari tahun 2016 sampai tahun 2020.

Ketujuh provinsi sasaran prioritas dari restorasi gambut tersebut, adalah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Papua.

Kepala BRG Pusat Ir Nazir Foead MSc mengatakan, Suaka Margasatwa Padang Sugihan merupakan salah satu prioritas restorasi gambut di Sumsel dengan luas 88 ribu hektar,

dimana lebih dari 80 persen merupakan area bergambut

"Pada tahun 2015, Suaka Margasatwa Padang Sugihan mengalami kebakaran yang sangat besar, sehingga kurang lebih 63 ribu hektar areal bergambutnya mengalami degradasi ekosistem gambut,

maka dari itu perlu dilakukan upaya restorasi atau pemulihan ekosistem gambut di Suaka Margasatwa Padang Sugihan," ujarnya, Jumat (16/8/2019).

Begal Sadis Tembak Ibu Hamil di Banyuasin, Polisi Lakukan Hal yang Sama Juga ke Begal Biadab Itu

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk itu BKSDA Sumsel dan BRG melalukan pemberdayaan masyarakat desa sekitar Suaka Margasatwa Padang Sugihan

Hal tersebut sebagai bentuk upaya pelibatan masyarakat dalam restorasi gambut terdegradasi di Suaka Margasatwa Padang Sugihan.

Selain Pembangunan Infrastruktur Pembasahan Gambut (PIPG) yang dalam hal ini adalah Penimbunan Kanal dan sumur bor, juga dilakukan kegiatan revegetasi.

Pemberdayaan dilakukan melalui peningkatan kapasitas teknis dan kelembagaan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved