Karnaval Budaya Berlangsung Semarak di Kecamatan Lawang Kidul

Sekitar 70 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan ramaikan karnaval budaya di kota Tanjung Enim.

Karnaval Budaya Berlangsung Semarak di Kecamatan Lawang Kidul
Istimewa
Suasana karnaval budaya di Kecamatan Lawang Kidul 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com,Ika Anggraeni

MUARAENIM, TRIBUNSUMSEL.COM - Sekitar 70 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan ramaikan karnaval budaya tingkat Kecamatan Lawang Kidul yang dipusatkan di kota Tanjung Enim.

Berdasarkan pantauan Tribunsumsel.com di lapangan,Kamis,(14/8/2019) tampak para peserta karnaval tersebut mengenakan berbagai pakaian adat baik pakaian adat sumatera selatan maupun pakaian adat nusantara yang dilengkapi dengan berbagai properti dari berbagai tema yang dibawakan oleh masing-masing peserta.

Para peserta karnaval yang terdiri dari pelajar SD, SMP, SMA/K dan umum itu menampilkan hasil kreativitas masing-masing dalam rangka menyambut HUT RI Kemerdekaan ke 74 dan memulai langkah dari titik start di Lapangan Bola Kaki kawasan saringan dan memutari kawasan pasar Muaraenim hingga finish di lapangan Fasos Tanjung Enim.

Jarak yang dilalui para peserta sekitar 2 kilometer, dan disepanjang jalan tampak para penonton menyakitkan antusias.

Selama kegiatan ini berlangsung, arus lalu lintas disekitar lokasi macet, namun kendaraan yang melewati tetap dapat berjalan meski lambat. Para petugas disiapkan untuk mengatur arus lalu lintas dari Polisi, TNI, dan Dinas Perhubungan. Kemudian, dukungan datang dari UPTD Kebersihan Tanjung Enim dalam acara itu mengirimkan seluruh armada dan petugas membersihkan sampah disekitar lokasi kegiatan

Camat Lawang Kidul, Drs Rahmad Noviar MSi mengungkapkan, karnaval budaya tingkat kecamatan ini merupakan rangkaian acara memperingati HUT RI ke 74.

"Kami ucapkan terima kasih kepada sekolah-sekolah yang telah berpartisipasi, serta panitia yang sudah bekerja keras mempersiapkan acara sehingga bisa berlangsung sukses. Kegiatan ini juga tak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama PTBA,"ucap Rahmad.

Ia juga mengatakan dalam kegiatan ini beragam budaya adat dan istiadat ditampil oleh para peserta.

" Sehingga dapat menjadi bahan edukasi masyarakat yang menonton untuk mengetahui beragam kebudayaan baik khas Muaraenim, Sumsel maupun budaya nusantara," katanya.

Ditambahkannya dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi sarana hiburan bagi masyarakat kecamatan Lawang kidul dan sekitarnya.

" ini sudah menjadi agenda rutin tahunan di kecamatan Lawang Kidul yang mendapat respon positif baik dari pihak sekolah, masyarakat umum maupun instansi-instansi yang ada di wilayah kecamatan Lawang Kidul," katanya.

Editor: Erwanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved