Berita Pendidikan

2 Siswa SDK Frater Xaverius 2 Palembang Lolos ke Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia

Dua siswa SDK Frater Xaverius 2 Palembamg Christian Alexander Salim dan Rafael Marquez Queenata lolos OMSI ke tingkat nasional

2 Siswa SDK Frater Xaverius 2 Palembang Lolos ke Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia
Tribun Sumsel/ Melisa Wulandari
Christian Alexander Salim, Kepala SDK Frater Xaverius 2 Palembang Fr M Verdinandus L Ngongo BHK SPd dan Rafael Marquez Queenata. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Dua siswa SDK Frater Xaverius 2 Palembamg Christian Alexander Salim dan Rafael Marquez Queenata lolos ke tingkat nasional untuk Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia (OMSI) di Bogor.

Christian Alexander Salim dan Rafael Marquez Queenata mengaku harus belajar ekstra agar bisa membawa nama baik SDK Frater Xaverius 2 Palembang di mata nasional.

"Kalau Matematika kami berdua sudah lumayan sering ikut olimpiade Matematika tapi kalau dicampur dengan Sains baru kali ini ikut, jadi harus belajar ekstra karena soalnya juga tingkat tinggi (High Order Thinking Skill)," kata Rafael yang juga siswa kelas 6 ini, Kamis (15/8/2019).

Ditambahkan Christian dia bahkan ikut kelas olimliade setiap Senin, Rabu dan Kamis bersama pelatih olimpiade khusus. "Pak Yanto pelatih kami sudah banyak ngajarin saya untuk persiapan mengikui OMSI di Bogor," katanya.

"Karena kalau tidak ada persiapan pasti akan kelabakaln, soal sains di OMSI ini sangat rumit lebih sulit dari Matematika tapi kami berdua yakin meraih yang terbaik," ujarnya.

Kepala SDK Frater Xaverius 2 Palembang Fr M Verdinandus L Ngongo BHK SPd mengatakan, walaupun dirinya baru memimpin di SDK Frater Xaverius 2 Palembang menggantikan Frater yang lama dari dulu hingga sekarang terus mendukung siswa yang berprestasi.

"Untuk keberangkatan mereka ini saja orangtua mendukung penuh, dari sekolah kami biayai. Kegiatannya nanti pada 1 September di Bogor kalau persiapan sudah dari sekarang. Harapan kami mereka berdua ini bisa membawa nama baik sekolah," ujarnya.

Sementara itu, sekolah dasar di Palembang yang lolos OMSI hingga tingkat nasional yakni SDK Frater Xaverius 2 Palembang, SD Bina Ilmi, SD Matreyawirya, SD Islam Terpadu Al Azhar Palembang dan lainnya.

OMSI (Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia) merupakan ajang kompetisi matematika dan sains yang merunut pada kompetisi IMSO (International Math Science Olympiad).

Berbeda dengan kompetisi lain yang memisahkan lomba matematika dan sains, OMSI justru mengombinasikan bidang studi matematika dan sains dalam satu lomba.

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved