Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro Imbau Warga tak Buang Puntung Rokok Sembarangan

Apabila terjadi kebakaran sedikit saja karena musim kemarau membuatnya cepat merambat, untuk itu kewaspadaan harus lebih ditingkatkan lagi.

Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro Imbau Warga tak Buang Puntung Rokok Sembarangan
TRIBUN SUMSEL/EKO HEPRONIS
WASPADA KARHUTLA - Siaran di televisi yang mengimbau waspada kebakaran hutan dan lahan.

TRIBUNSUMSEL.COM, MUSIRAWAS - Kepolisian Resor (Polres) Musirawas mengimbau agar masyarakat di Musirawas dan Musirawas Utara tidak membakar hutan. Apalagi saat ini sudah musim kemarau.

"Kepada warga masyarakat di kabupaten Musirawas dan Musirawas Utara untuk senantiasa waspada akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan," kata Kapolres Musirawas (Mura) AKBP Suhendro pada wartawan, Rabu (14/8/2019).

Masih kata Kapolres Musi rawas AKBP Suhendro seluruh jajarannya, baik itu anggota yang ada di Polres maupun jajaran di Polsek dan para Bhabinkamtibmas telah memberikan imbauan agar warga mewaspadai kebakaran hutan dan lahan atau karhutla. 

Menurutnya, apabila terjadi kebakaran sedikit saja karena musim kemarau membuatnya cepat merambat, untuk itu kewaspadaan harus lebih ditingkatkan lagi.

"Misalkan untuk tidak membuang sisa puntung rokok di sembarang tempat khususnya pada saat di kebun atau di ladang. Apabila membakar sampah setelah dibakar untuk ditunggui dan jangan langsung pergi meninggalkan lokasi," paparnya.

Suhendro pun meminta kepada anggota yang bertugas dilapangan untuk giat melaksanakan patroli dan sosialisasi tentang KARHUTLA dan sanksi saksi yang akan di terima oleh masyrakat apabila tetap melanggar, salah satunya yaitu UU nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan. Pasal 78 ayat (3).

“Barang siapa dengan sengaja membakar hutan, di ancam dengan pindana penjara paling lama 15 tahun dan dendan maksimal Rp 5 Miliar," ujarnya. (joy/adv)

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved