Berita Palembang

Gelar Festival Telok Abang Peringati 17 Agustusan, Gaungkan Kembali Budaya Palembang yang Hilang

Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) Sumsel menggelar Festival Kuliner dan Telok Abang

Gelar Festival Telok Abang Peringati 17 Agustusan, Gaungkan Kembali Budaya Palembang yang Hilang
Tribunsumsel.com/Linda
Ketua HIPAKAD DPD Sumsel Ferdi Aligafur dan (kiri kedua) Ketua Pelaksana Daniel beserta anggota HIPAKAD berfoto bersama di Sekretariat HIPAKAD, Jalan Rumah Bari (halaman belakang balai prajurit) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) Sumsel menggelar Festival Kuliner dan Telok Abang.

Ketua HIPAKAD DPD Sumsel Ferdi Aligafur mengatakan, Festival Kuliner dan Telok Abang ini diadakan untuk memeriahkan HUT RI ke 74

sekaligus untuk mengaungkan kembali budaya tahunan Palembang yaitu telok abang.

"Telok abang sudah jadi budaya kita warga Palembang. Tapi saat ini gaungnya terlihat masih kurang. Untuk itu kita ingin menggaungkan Festival Kuliner dan Telok Abang bersama Kadin," ujarnya, Minggu (11/8/2019).

Festival Kuliner dan Telok Abang akan diadakan mulai 14-18 Agustus di Sekretariat HIPAKAD, Jalan Rumah Bari (halaman belakang balai prajurit).

Viral di FB, Sosok Pemuda Membakar Uang Rupiah Secara Live, Lihat Sanksi yang Dapat Diterimanya

Hebat, Usia 48 Tahun Jennifer Jill Masih Bisa Hamil Kembar, Istri Ajun Perwira Topcer Besok Brojol

Ketua Pelaksana Daniel menceritakan, bahwa dimasa kecilnya kalau saat momen 17 Agustusan itu selalu cari-cari telok abang.

Namun kalau saat ini sudah jarang melihat anak-anak kecil mencari telok abang.

"Dengan adanya kegiatan ini harapanya bisa mengangkat kembali budaya telok abang. Sehingga masyarakat akan semakin cinta dan mengenal telok abang," ujarnya.

Ia pun menjelaskan, bahwa di Festival Kuliner dan Telok Abang akan ada berbagai kegiatan, selain ada kuliner makanan tradisional seperti pempek, laksan, ragit, celimpungan dan lain-lain juga akan dihadirkan stand-stand telok abang.

Lalu saat pembukaan dan penutupan juga akan dihubur dengan live musik.

Selain itu juga akan ada odong-odong bagi anak-anak yang ingin bermain.

Kemudian juga akan ada lomba-lomba seperti lomba maumere kreasi memperebutkan piala Gubernur.

Ada juga lomba rebana, lomba karoke dan juga disediakan telok abang yang polos untuk anak-anak TK dan SD biar dikreasikan sendiri akan jadi seperti apa.

"Yang berminat mengikuti lomba bisa mendaftarkan diri di Sekretariat HIPAKAD. Kami mengadakan Festival Kuliner dan Telok Abang di sini karena di sini termasuk heritage, jadi cocok mengadakan acara di sini," katanya.

Menurutnya nantinya di Sekretariat HIPAKAD akan dihias berbagai ornamen seperti kapal-kapal dan lain-lain. Festival Kuliner dan Telok Abang ini dibuka dari pukul 10.00 sampai 22.00.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved