Jumlah Hewan Kurban Tahun Ini di Lubuklinggau Alami Penurunan Gegara Hal Ini

Jumlah Hewan Kurban Tahun Ini di Lubuklinggau Alami Penurunan Gegara Hal Ini

Jumlah Hewan Kurban Tahun Ini di Lubuklinggau Alami Penurunan Gegara Hal Ini
Rahmat Aizullah /Tribun Sumsel
Ilustrasi 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Jumlah hewan kurban di Kota Lubuklinggau untuk tahun 2019 diprediksi mengalami penurunan bila dibanding tahun 2018 lalu.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Lubuklinggau Dedi Yansah mengatakan, jumlah hewan kurban yang sudah terdata tahun ini baru sekitar 700 hewan kurban.

"Untuk sekarang kambing 600 ekor dan sapi 40-60 ekor asli Lubuklinggau, namun baru diketahui hasil seluruhnya pada saat lebaran nanti," kata Dedi pada Tribunsumsel.com, Jumat (9/8/2019).

Jumlah saat ini jauh menurun dari hasil pendataan tahun 2018 lalu. Tahun lalu hewan kurban di Kota Lubuklinggau mencapai 1500 ekor 700 ekor kambing dan 800 ekor sapi.

"Hari ini puncak hewan kurban masuk ke Kota Lubuklinggau, kebanyakan hewan kita ini dari daerah sekitar Musi Rawas dan sebagian lagi berasal dari Lampung," ungkapnya.

Menurutnya, sedikit turunnya hewan kurban tahun ini disebabkan oleh sedikitnya masyarakat yang berkurban. Ditambah jumlah peternak yang mengalami penurunan.

"Hasil pendataan sampai sejauh ini ada 12 orang penjual hewan kurban,
Satu di depan DPD Grindra, Sampai kemarin belum ada yang dijual tidak memenuhi syarat alias semuanya sehat," ujarnya.

Untuk mengantisipasi adanya hewan yang tidak sehat, pihaknya sudah memberikan himbauan dengan menyampaikan surat kepada masing-masing camat dan lurah terkait ketentuan hewan kurban.

"Karena kita ingin tahu asal usul hewan kurban yang dijual. Kemudian apakah sudah sesuai dengan ketentuan apa belum," tambahnya.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved