Berita OKI

Bupati OKI Usulkan 3 Kawasan Ini Jadi Alternatif Exit Tol Kayuagung Pematang Panggang

TRIBUNSUMSEL, KAYUAGUNG-Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar SE mengusulkan adanya akses exit tol bagi masyarakat pedesaan

Bupati OKI Usulkan 3 Kawasan Ini Jadi Alternatif Exit Tol Kayuagung Pematang Panggang
Istimewa
Bupati OKI Iskandar SE saat memaparkan penambahan exit tol trans Sumatera di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V Palembang, Kamis (8/8/19). 

TRIBUNSUMSEL, KAYUAGUNG-Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar SE mengusulkan adanya akses exit tol bagi masyarakat pedesaan.

Iskandar ingin potensi agro ekonomi di Mesuji dan Lempuing OKI serta kawasan agropolitan Belitang OKU Timur terhubung dengan infrastruktur nasional jalan tol trans sumatera Kayuagung-Pematang Panggang.

Menurut Iskandar, konektivitas antar infrastruktur sentra lumbung pangan Sumatera Selatan sangat diperlukan demi menjaga pasokan pangan serta ketahanan pangan nasional.

Demikian yang disampaikan Iskandar saat memaparkan penambahan exit tol trans Sumatera di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V Palembang, Kamis (8/8/19).

"Untuk menjaga pasokan distribusi hasil sentra ekonomi rakyat baik pertanian dan perkebunan saat ini sedang dilatih supaya terjalin konektivitas di bidang infrastruktur,"

"Mewujudkan hal tersebut yang dibutuhkan kami saat ini adalah exit tol sebagai penghubung," Katanya.

Bukan hanya untuk warga OKI, Iskandar juga ingin proyek strategis nasional (PSN) tersebut juga memberi dampak positif bagi kabupaten tetangga yang tidak dilalui langsung tol.

Deru Harapkan TNI AL Jaga Stabilitas Sumsel

“Kita ingin membukakan pintu ekonomi tidak hanya untuk warga OKI, bahkan untuk kabupaten tetangga yang tidak dilalui langsung oleh tol seperti OKU Timur bahkan OKU raya” Jelasnya.

Tersambungnya infrastuktur strategis dengan sentra ekonomi rakyat ini tegas Iskandar sesuai dengan visi Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi) yang akan melanjutkan pembangunan infrastruktur agar terhubung ke industri pertanian, perikanan, dan perkebunan.

"Kami hanya menindaklanjuti visi presiden untuk menyambungkan infrastruktur besar dengan kawasan persawahan, kawasan perkebunan, dan tambak-tambak perikanan," ujarnya.

Untuk akses exit tol Trans Sumatera ruas PPKA sepanjang 77 km itu, Pemkab. OKI mengusulkan tiga alternatif akses jalan.

Jalur yang disiapkan antara lain, ruas Lubuk Seberuk-Mataram Jaya, lalu alternatif ke dua di jalur Surya Adi-Suka Mukti, dan alternatif ke tiga pada ruas Bumi Arjo-Mataram Jaya.

“Ada tiga alternatif yang kita usulkan semua membuka akses wilayah sentra pertanian ke tol PPKA” tambahnya.

Penulis: Winando Davinchi
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved