Gugatan Parpol Ditolak MK, Ini Kabar Terbaru Jadwal Penetapan Caleg DPRD Sumsel Terpilih 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel akan menetapkan calon anggota legislatif (caleg) terpilih DPRD Sumsel periode 2019-2024

Gugatan Parpol Ditolak MK, Ini Kabar Terbaru Jadwal Penetapan Caleg DPRD Sumsel Terpilih 2019
Tribun Sumsel/ Ayu Kuta Sari
Kantor DPRD Sumsel Jalan POM IX Palembang 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel akan menetapkan calon anggota legislatif (caleg) terpilih DPRD Sumsel periode 2019-2024.

Penetapan ini segera dilakukan setelah gugatan sejumlah parpol di Mahkamah Konstitusi (MK) ditolak ataupun tidak diterima.

"Kita masih menunggu instruksi KPU RI untuk menetapkan caleg terpilih ditingkat DPRD Provinsi Sumsel, karena gugatan di MK itu KPU RI yang digugat," kata komisioner KPU Sumsel Hepriyadi, saat dihubungi Tribunsumsel.com, Rabu (7/8/2019).

Menurut Hepriyadi, KPU Sumsel maupun KPU RI dan KPU Kabupaten/ kota memiliki waktu lima hari untuk menetapkan para wakil rakyat sesuai tingkatannya, untuk lima tahun kedepan, setelah keluarnya putusan MK.

Kongres PDI Perjuangan (PDIP) 2019, Kader di Sumsel Tetap Dukung Megawati Sebagai Ketua Umum

Batas waktunya lima hari, nanti KPU Sumsel menetapkan caleg terpilih DPRD Sumsel sebanhak 75 orang, untuk DPD maupun DPR RI dapil Sumsel dilakukan KPU RI.

"Sedangkan KPU Kabupaten/ kota yang belum menetapkan karena berperkara di MK, melakukan penetapan juga nanti. Tapi yang pasti menunggu KPU RI," jelasnya.

Ditambahkan Hepriyadi, terkait caleg suara terbanyak DPRD Sumsel dapil VII dari PDI Perjuangan, Hasbullah yang telah meninggal dunia. Pihaknya masih menunggu verifikasi parpol bersangkutan, mengingat alm Hasbullah sudah tidak memenuhi syarat lagi karena meninggal dunia.

"Kita masih menunggu verifikasi parpol bersangkutan, karena peserta politik itu adalah parpol, dan akan dilihat apakah memenuhi syarat atau tidak," tandasnya.

Sebentar Lagi Sriwjaya FC Punya Mega Store Cafe dan Museum Seperti Persib Bandung dan Bali United

Sebelumnya MK telah menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), yang diajukan sejumlah caleg melalui parpol. Dimana proses MK merupakan proses terakhir dari proses Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Dimana sidang pembacaan putusan sengketa hasil pemilu legislatif, yang ada di provinsi Sumsel, Rabu (7/8/2019) atau oleh panel 2 oleh hakim MK.

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved