Berita Muba

Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti Hadiri Pelatihan Selam Dasar di Tirta Randik Sekayu

Sering terjadinya kasus-kasus orang tenggelam di aliran Sungai Musi yang melintasi Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti Hadiri Pelatihan Selam Dasar di Tirta Randik Sekayu
Tribunsumsel.com
Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti 

TRIBUNSUMSEL.COM -Sering terjadinya kasus-kasus orang tenggelam di aliran Sungai Musi yang melintasi Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Membuat Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin bekerjasama dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang dalam melakukan Pelatihan Selam Dasar bagi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) di Kolam Renang Tirta Randik Sekayu, 3-4 Agustus 2019.

Dari pantauan pelatihan selam dasar tersebut diikuti secara langsung oleh Bupati Muba H Dodi Reza Alex,  Dandim 0401 Muba Letkol Arm Muh Saifuddin Khoiruzzaman, dan Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti SE MM, Plt Kadispopar Muba Muhammad Fariz SSTP.

Bupati Muba H Dodi Reza Alex, mengatakan pelatihan selam dasar bukan hanya bagi pemimpin daerah tapi lebih utama bagi para petugas penyelamat dan penyelam dari OPD terkait dan dari kelompok masyarakat yang dibutuhkan pada saat kondisi darurat seperti  musibah korban tenggelam. 

"Petugas penyelam dengan keahlian selama yang baik memang sangat dibutuhkan, melihat letak geografis wilayah Kabupaten Muba sebagain besar dilintasi oleh sungai. Pelatihan ini sebagai bagian program “Muba Siaga”  yang tujuannya untuk melayani masyarakat," kata Dodi, Minggu (4/7/19).

Lanjutnya, setelah pelatihan selam dasar ini pihaknya berharap para petugas penyelamat di Muba lebih profesional dalam menjalankan tugas.

Harus menunjukkan kemampuan terbaik dan membantu masyarakat jika terdapat musibah korban tenggelam. 

"Setelah ini setiap OPD mempunyai penyelam handal dan jika seandainya dibutuhkan pergunakan ilmu yang didapat untuk menolong. Selain itu jug terima kasih kepada Lanal Palembang yang telah memberikan pelatihan selam dasar bagi masyarakat Muba, kegiatan ini sangat membantu operasi penyelamatan," jelasnya.

Sementara, Danlanal Palembang Letkol Laut (P) Saryanto mengapresiasi ide yang digagas Bupati Muba terkait pelatihan selam untuk membina generasi muda yang ada di Kabupaten Muba.

"Kita berharap melalui pelatihan ini putra-putri Muba ada yang menjadi prajurit Angkatan Laut agar bisa memotivasi generasi muda yang ada disini ," katanya.

Pelatihan Selam Dasar akan berlangsung tanggal 3 dan 4 Agustus 2019. Materi pelatihan dan para pelati berasal dari Dinas Penyelamatan Bawah Air Komando Armada I (atau Dislambair Koarmada I).

"Pelatih sendiri Yakni  satuan khusus penyelam TNI AL di bawah Komando Armada I yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan penyelaman dan penyelamatan bawah permukaan air. Dislambair Koarmada I terdiri dari Ship Diver, SAR & Salvage Diver, MCM & Demolition Diver, dan Deep Sea Diver,"ungkapnya. (dho)

Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved