Caleg DPRD Sumsel Suara Terbanyak dari PDI Perjuangan Meninggal, Ini Mekanisme Pergantiannya

Menurut ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel Giri Ramanda, Hasbullah Caleg DPRD Sumsel Dapil VII tutup usia karena sakit pada 16 Juli lalu.

Caleg DPRD Sumsel Suara Terbanyak dari PDI Perjuangan Meninggal, Ini Mekanisme Pergantiannya
Tribun Sumsel/ Arief Basuki Rohekan
Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Meski meraih suara terbanyak di partainya PDI Perjuangan, Hasbullah calon legislatif (caleg) DPRD provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2019-2024, dari daerah pemilihan VII yang meliputi Lahat, Pagar Alam dan Empatlawang, dipastikan tidak akan dilantik pada 24 September mendatang, meski dipastikan "terpilih".

Menurut ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel Giri Ramanda, Hasbullah Caleg DPRD Sumsel Dapil VII tutup usia karena sakit pada 16 Juli lalu.

"Caleg kita di Dapil VII peraih suara terbanyak dan bisa dikatakan terpilih, meninggal dunia. Sehingga nantinya akan diganti peraih suara terbanyak setelah Hasbullah," kata Giri didampingi Bendahara DPD PDI Perjuangan Sumsel, Yudha Rinaldi, Kamis (1/8/2019).

Hasbullah merupakan paman dari Wakil Bupati Empat Lawang Yulius Maulana. Dengan meninggalnya Hasbullah, maka caleg dengan perolehan suara terbanyak nomor dua, Sumiati (petahana) yang kemunhkinan akan dilantik menjadi anggota DPRD Sumsel Dapil VII dari PDI Perjuangan.

"Tapi kita serahkan semua ke KPU Sumsel, karena mekanismenya mereka yang mengatur," jelasnya.

Ditambahkan Giri, pihaknya masih menunggu suasana duka dikeluarga almarhum berlalu, dan akan mengurus surat keterangan kematian kadernya tersebut.

"Surat Kematian menunggu dari keluarga saudara almarhum Hasbullah. Dan menurut saya, sebaiknya menunggu setelah 40 hari saja," tandas Giri.

Sementara ketua KPU Sumsel Kelly Mariana mengungkapkan, pihaknya masih menunggu surat resmi PDI Perjuangan Sumsel, jika ada calegnya yang dipastikan terpilih, namun meninggal dunia sebelum dilantik.

"Kami menunggu informasi resmi dari DPD PDIP Sumsel, jika sudah ada informasi resmi dan surat kematian, maka kami akan menindaklanjutinya. Untuk yang berhak duduk sebagai pengganti, adalah caleg dengan suara terbanyak berikutnya setelah saudata Hasbullah se partainya," terang Kelly.

Dilanjutkan Kelly, dari laporan yang ada pihaknya belum mendapatkan laporan serupa (caleg akan terpilih meninggal) di Sumsel, selain Hasbullah dari PDI Perjuangan. Namun, jika ada akan diproses sesui aturan yang ada.

"Tidak ada laporan serupa, tapi kalau ada akan ditindaklanjuti," pungkas Kelly.

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved