Polres Muaraenim Adakan Sosialisasi untuk Tingkatkan Kemampuan Penyidik dan Pembantu Penyidik

Kegiatan penyuluhan hukum ini merupakan upaya pembinaan Sumber Daya Manusia Polri Polres Muara Enim bagi Penyidik dan Penyidik Pembantu.

Polres Muaraenim Adakan Sosialisasi untuk Tingkatkan Kemampuan Penyidik dan Pembantu Penyidik
TRIBUN SUMSEL/IKA ANGGRAENI
SOSIALISASI HUKUM - Suasana sosialisasi hukum yang diikuti penyidik dan penyidik pembantu di jajaran Polres Muaraenim, Rabu (31/7/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM - Untuk meningkatkan kinerja para penyidik dan penyidik pembantu di jajaran Polres Muaraenim, Subbag Hukum Bag Sumda Polres Muaraenim mengadakan Sosialisasi Hukum, Rabu (31/1/2019).

Kegiatan ini bertujuan agar penegak hukum bisa menegakkan hukum secara benar.

Acara digelar di Aula Polres Muaarenim dengan menghadirkan pakar hukum Kabupaten Muaraenim, Dr Hj Sintha Paramita Sari SH MHum.

Kapolres Muaraenim, AKBP Afner Juwono saat membuka acara mengatakan kegiatan sengaja digelar untuk meningkatkan kinerja para penyidik dan penyidik pembantu dijajaran Polres Muaraenim.

"Kegiatan penyuluhan hukum ini merupakan upaya pembinaan Sumber Daya Manusia Polri Polres Muara Enim bagi Penyidik dan Penyidik Pembantu yang akan mengambil keputusan penegakan hukum pada tahap awal," katanya.

Selain itu lanjutnya untuk memenuhi unsur hukum dan alat bukti yang sah serta upaya paksa demi penegakan hukum tersebut.

"Sehingga sebagai penyidik, para penyidik kita dapat melaksanakan penegakkan hukum secara benar, cepat dan tepat serta berazaskan kepastian hukum dan keadilan," jelasnya.

Ia juga mengharapkan saat menjalankan tugas, para Penyidik dan Penyidik Pembantu untuk memperhatikan secara seksama dan teliti dalam menangani perkara Tindak Pidana, baik secara administrasi penyidikan, alat bukti.

"Serta upaya personil penyidik dalam pengungkapannya serta yang lebih penting lagi harus sesuai dengan prosedur hukum dan menghormati hak azazi manusia," tegasnya.

Dengan demikian lanjutnya tidak akan terjadi kesalahan dalam penanganan perkara yang juga bisa di-Praperdilankan.

" Dengan diadakannya penyuluhan ini Personel Penyidik dan Penyidik Pembantu Polres Muara Enim dan Polsek jajaran diharapakan akan lebih profesional dan mahir dalam menangani suatu kasus tindak pidana, sehingga timbul kepercayaan masyarakat kepada Polri dibidang Penindakkan dan Penegakkan Hukum," pungkasnya.

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved