Buron Kabur ke Lahat, Pencuri Rumah di Prabumulih Ditembak Polisi

Pelarian Ali Prayogi alias Yogi (18) yang merupakan satu dari dua pelaku pencurian rumah di kota Prabumulih,

Buron Kabur ke Lahat, Pencuri Rumah di Prabumulih Ditembak Polisi
ISTIMEWA
Yogi yang merupakan pelaku pencuri rumah modus bongkar jendela ketika diamankan petugas Satreskrim Polres Prabumulih, Selasa (30/7/2019). 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Edison Bastari

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Pelarian Ali Prayogi alias Yogi (18) yang merupakan satu dari dua pelaku pencurian rumah di kota Prabumulih, akhirnya harus berakhir dengan timah panas jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Prabumulih.

Warga Simpang Niru Kecamatan Rambang Dangku Kabupaten Muaraenim itu terpaksa ditembak Timsus Gurita Satreskrim Polres Prabumulih pimpinan AKP Abdul Rahman SH karena mencoba kabur dan tak menghiraukan tembakan peringatan petugas ketika hendak diamankan.

Yogi diringkus petugas ketika dalam pelarian ke Kabupaten Lahat Provinsi Sumsel pada Selasa (25/7/2019) sekira pukul 02.30.

Diringkusnya Yogi sendiri berawal dari pengakuan rekannya yakni Surip yang telah lebih dulu diringkus petugas kepolisian. Dari nyanyian Surip diketahui rekannya membongkar rumah Meliya (34) yang merupakan tetangganya di jalan Baru RT 05 RW 01 Kelurahan Sukajadi Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih adalah Yogi.

Dari pengakuan Surip, keduanya membongkar rumah korban dengan masuk lewat jendela yang sebelumnya dirusak lalu mengambil 1 unit sepeda motor yamaha mio m3 dengan nopol BG 3350 CW, satu buah dompet orange berisikan 1 STNK sepeda motor mio M3 dan 1 STNK sepeda motor Mio GT, kartu peserta BPJS kesehatan yang terletak di dalam jok sepeda motor milik korban. Lalu setelah melakukan aksinya para pelaku keluar lewat pintu depan.

Jajaran Satreskrim yang mendapat pengakuan Surip lalu melakukan pengembangan dengan mengejar pelaku ke kediamannya di Muaraenim namun pelaku lebih dulu kabur.

Petugas yang terus melakukan perburuan kemudian mendapat informasi jika pelaku kabur dan berada di Kabupaten Lahat. Mendapat informasi itu, petugas yang tak ingin buruannya kabur langsung menuju lokasi dan menggrebek pelaku.

Pelaku yang menyadari kehadiran petugas kemudian berusaha kabur, petugas kemudian memberikan tembakan peringatan hingga beberapa kali namun tetap tak diindahkan pelaku. Petugas kemudian terpaksa melepaskan tembakan di kaki pelaku hingga membuat Yogi tersungkur minta ampun.

Di hadapan petugas, Yogi mengakui perbuatannya mencuri di rumah warga yang tak jauh dari kediaman Surip. "Saya hanya diajak pak, saya takut di tangkap makanya saya kabur ke Lahat," elak pelaku dihadapan petugas.

Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH melalui Kasat Reskrim, AKP Abdul Rahman SH membenarkan adanya penangkapan tersebut dan saat ini pelaku tengah menjalani pemeriksaan jajarannya.

"Pelaku telah kita amankan dan masih menjalani pemeriksaan petugas kami, atas perbuatannya pelaku akan kami jerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman lebih kurang 7 tahun penjara," tegas Kasat Reskrim.(eds)

Penulis: Edison
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved