Nilai UNBK Tak Memuaskan, Merisa Ikuti Ujian Nasional Perbaikan

Nilai Matematika dan Biologinya di bawah 60 (rata-rata minimal UNBK) Merisa salah satu alumni SMA Negeri 3 Palembang yang baru saja lulus

Nilai UNBK Tak Memuaskan, Merisa Ikuti Ujian Nasional Perbaikan
MELISSA/TRIBUNSUMSEL.COM
Suasana UNP di laboratorium SMAN 3 Palembang, pelaksanaan ini berlangsung dari 27-30 Juli 2019, Sabtu )27/7/2019) 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Nilai Matematika dan Biologinya di bawah 60 (rata-rata minimal UNBK) Merisa salah satu alumni SMA Negeri 3 Palembang yang baru saja lulus tahun ini bersama siswa sekolah lainnya mengikuti Ujian Nasional Perbaikan (UNP) di SMA Negeri 3 Palembang.

Awalnya, Merisa bertanya kepada pihak sekolah nilai apa saja yang harus diperbaiki, dan pihak sekolah menyarankan untuk memperbaiki nilai Matematika dan Biologi karena dua mata pelajaran ini, dirinya mendapat nilai di bawah 60.

"Saya lupa nilainya berapa tapi karena dua mapel ini nilai rata-ratanya tidak memuaskan jadi saya disarankan ikut untuk mapel Matematika dan Biologi, nanti Senin (29/7/2019) ikut ujian lagi untuk mapel Biologi," katanya, Sabtu (27/7/2019).

Dia juga bersyukur dengan adanya UNP ini, nilainya yang tidak terlalu bagus bisa diperbaiki.

"Ya sangat bersyukur karena bisa memperbaiki nilai yang tidak memuaskan, jadi untuk ikut UNP ini saya juga belajar sebagai persiapan," ujar cewek yang baru saja diterima di Jurusa Hubungan Internasional (HI) Universitas Sriwijaya ini.

Sementara itu, sebanyak 2.347 siswa-siswi jenjang SMA/SMK di Sumatera Selatan yang sebelumnya telah mengikuti pelaksanaan UNBK, hari ini (27/7/2019) kembali mengikuti rangkaian Ujian Nasional Perbaikan.

Tercatat dari 2.347 siswa dan siswi yang mengikuti ujian nasional perbaikan ini berasal dari 33 SMA/SMK di Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan.

"Ujian nasional tidak lagi menentukan kelulusan, namun demikian bagi siswa yang mendapat nilai di bawah 55 dapat mengulang pada mapel yang nilainya kurang," kata Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo.

Dia juga mengatakan, pelaksanaan Ujian Perbaikan ini digelar 27-30 Juli 2019. "Yang jelas U Nasional Perbaikan ini tidak mempengaruhi kelulusan sebelumnya, ini merupakan kesempatan bagi peserta didik untuk memperbaiki nilai masing-masing," katanya.

Ditambahkan oleh ketua pelaksana UNP lokasi SMAN 3 Palembang Hermansyah, UNP ini ada sebanyak 2 sesi, sesi pertama mulai dari pukul 07.30-09.30 dan sesi kedua pukul 10.30-12.30. "Di SMAN 3 ini total yang ikut UNP ini siswa dari beberapa sekolah di Palembang sebanyak 193 termasjuk siswa SMAN 3," jelasnya.

"Jadi sebelum perbaikan mereka ini mendaftar terlebih dahulu di web Kemendikbud 2 hari lalu sebelum pelaksanaan UNP nah untuk selanjutnya ikut ujian dan hasil UNP atau nilai mereka ini akan dikirim ke pusat dan nantinya akan diumumkan melalui sekolah dan web Kemendikbud," katanya.

Dia melanjutkan jadi nilai ini dari UNP ini akan diperbaiki di Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN). "Jadi siswa akan menerima 2 SKHUN, yang ujian pertama dan ujian yang sekarang ini," tutupnya. (Elm)

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved