Cerita Khas Palembang

Tribun Wiki : Ini Asal Mula dan Sejarah Pasar Sekanak Palembang, Pusat Perekonomian Zaman Belanda

Pasar ini memiliki nama yang unik yaitu "Pasar Sekanak", punya cerita tersendiri dan terdapat filosofi yang berbeda-beda dan unik untuk dibahas

Tribun Wiki : Ini Asal Mula dan Sejarah Pasar Sekanak Palembang, Pusat Perekonomian Zaman Belanda
Tribun Sumsel/ Winando Davinchi
Pasar Sekanak Palembang 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Pernah dengar nama Pasar Sekanak?

Pasar ini sangat terkenal di Palembang.

Meski tidak terlalu luas, pasar ini memiliki sejarah panjang.

Pasar ini memiliki nama yang unik yaitu "Pasar Sekanak", punya cerita tersendiri dan terdapat filosofi yang berbeda-beda dan unik untuk di bahas.

Pada awalnya, pembangunan Pasar Sekanak didahului oleh keinginan Pemerintah Kolonial Belanda untuk menyeragamkan sistem sosial dan ekonomi di daerah jajahan.

Meskipun sebenarnya dulu keberadaan pasar terapung di Sungai Musi dan pasar-pasar rakyat yang umumnya berada di muara dan sepanjang tepian anak Sungai Musi sudah ada, tapi Pemerintah Belanda memandang perlu adanya pasar di daratan.

Sejarah dan Arti Nama Sekip di Kota Palembang, Ternyata Dulunya Tempat Latihan Menembak Belanda

Oleh karena itu, setelah menduduki Palembang pada tahun 1821, Belanda lalu merencanakan pembangunan pasar umum, yang semua aktivitasnya terkonsentrasi di daratan.

Hal ini dituliskan JL Van Sevenhoven yang merupakan advokat fiskal dari Batavia yang diangkat sebagai Komisaris Belanda di Palembang pada tahun 1822.

Berikut isi catatan JL Van Sevenhoven :

"Di kota Palembang yang besar, tidak ada pasar umum. Di sudut-sudut anak sungai dan sungai-sungai kecil, dijual makanan. Dengan perahu-perahu kecil, juga barang- barang lain dibawa keliling dan dijajakan,"

Halaman
12
Penulis: Winando Davinchi
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved