Berita Palembang

BPS Land Palembang Perumahan Berbasis Komunitas, Wapres Jusuf Kalla Hadiri Groudbreaking

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meninjau langsung perumahan Bhayangkara Praja Sriwijaya Land (BPS Land) Palembang

BPS Land Palembang Perumahan Berbasis Komunitas, Wapres Jusuf Kalla Hadiri Groudbreaking
Tribun Sumsel/ Linda Trisnawati
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meninjau secara langsung perumahan Bhayangkara Praja Sriwijaya Land (BPS Land) yang ada di kawasan CGC, Jumat (19/7/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meninjau langsung perumahan Bhayangkara Praja Sriwijaya Land (BPS Land) Palembang, Jumat (19/7/2019).

BPS Land diperuntukan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), Prajurit TNI, dan Anggota Polri.

Direktur Rumah Umum dan Komersil Kementrian PUPR M. Yusuf Hari Agung setelah peninjauan mengatakan, BPS Land merupakan perumahan yang berbasis komunitas.

Dibangun oleh pelaku pembangunan dan difasilitasi pemerintah.

Pemkot Prabumulih Minta Warga Tak Usah Bayar Jika Belanja Tak Dapat Struk

"Rencananya ada 3000 rumah dan untuk tahap awal akan dibangun 1500 rumah. Semuanya diperkirakan selesai di 2020," ujarnya saat di BPS Land yang ada di kawasan Citra Grand City.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk yang berbasis komunitas ini kalau di Sumatera Selatan memang baru pertama ini.

Dan nanti yang akan groundbreaking direncanakan Wakil Presiden Jusuf Kalla di bulan Agustus.

"Tadi sudah saya lihat progresnya dan saya senang melihat progres yang ada sekarang. Ini cukup bagus ya dimana ada kepedulian dari pelaku pembangunan bersama-sama dengan pemerintah menyediakan perumahan yang layak huni," katanya.

Ia menambahakan, bahwa Presiden telah mencanangkan rumah berbasis komunitas dan ini merupakan salah satu wujud program 1 juta rumah.

Mahasiswa Lulus USMB Unsri 2019 Dikenakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Tarif 8, Pengumuman 21 Juli

Dimana tahun ini targetnya 1.250.000 rumah, maka dengan komunitas secara simultan bergerak bersama diharapankan mencapai target tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Sumsel Basyaruddin Akhmad mengatakan, banyak program dari pemerintah seperti Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) dan ada juga Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Pembangunan Baru (BSPS-PB).

"Ini termasuk berbasis komunitas tapi yang FLPP, sebab untuk ASN, TNI dan Polri memiliki penghasilan tetap makanya masuknya ke FLPP dengan penghasilan dibawah Rp 6 juta," katanya.

Kepala BAZNAS Palembang : ASN tak Bayar Zakat Terancam Sanksi Penjara 4 Bulan dan Denda Rp 25 Juta

Sedangkan Direktur Cipta Arsi Griya Dani Chandra Wijaya menambahkan, bahwa rumah yang dibangun tipe 36. Selain ada perumahan nantinya juga akan dibangun entertimen center, pasar dan lain-lain.

"Dengan adanya 3000 rumah tentu kalau mau buka laundry, pasar, dan lain-lain sangat pas. Untuk rumah yang FLPP ini memang ini baru pertama kali kita buat, dan nanti akan kita kembangkan lagi perumahan seperti ini," katanya

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved