Apakah Boleh Mengambil Foto dan Video di Pesawat? Ini Syarat dan Penjelasan Garuda Indonesia

Aturan larangan itu direvisi menjadi imbauan bukan larangan yang diperbaharui hari ini, Selasa (16/7/2019) yang ditandatangani Direktur Operasi Garuda

Apakah Boleh Mengambil Foto dan Video di Pesawat? Ini Syarat dan Penjelasan Garuda Indonesia
HARTATI/TRIBUNSUMSEL.COM
General Manager Garuda Indonesia Cabang Palembang Wahyudi Kresna 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Maskapai Garuda Indonesia sempat mengeluarkan aturan penumpang dilarangan mengambil foto dan video apapun di dalam pesawat yang dilakukan oleh awak kabin atau penumpang lainnya.

Aturan ini dikeluarkan pada 14 Juli 2019 dan ditandatangi oleh Pjs SM FA Standarization dan Development Garuda Indonesia, Evi Oktaviana.

Larangan itu kemudian disosialisasikan kepada penumpang oleh awak kabin dan pramugari.

Jika ada penumpang yang melanggar akan diberikan sanksi tanpa merinci jenis sanksi yang akan diberikan.

Tak lama kemudian aturan larangan itu direvisi menjadi imbauan bukan larangan yang diperbaharui hari ini, Selasa (16/7/2019) yang ditandatangani Direktur Operasi Garuda Indonesia, Capt Bambang Adisurya Angkasa.

Persibat Vs Sriwijaya FC, Misi Penting Kembalikan 3 Poin, Ini Daftar 18 Pemain SFC

General Manager Garuda Indonesia Cabang Palembang, Wahyudi Kresna menjelaskan makna imbauan tidak mengambil foto dan video di dalam pesawat adalah yang berkaitan dengan orang lainnya.

Misalnya mendokumentasikan penumpang lain sedang makan dan melakukan aktivitas lain di dalam pesawat, atau mendokumentasikan aktivitas awak kabin maupun pramugari yang melayani penumpang.

"Jika mengambil foto selfie atau dengan teman atau keluarga untuk konsumsi pribadi bukan komersil tidak dilarangan, yang tidak boleh itu mendokumentasikan orang lain karena terkait privasi," ujar Wahyudi.

Orangtua Sempat Blak-blakan Menentang, Inikah Ending Asmara Cut Meyriska dan Roger Danuarta

Alasan lainnya, maskapai ingin menjaga ketertiban di dalam kabin pesawat, serta menunjang keselamatan penerbangan dan menjaga kelancaran pelayanan selama penerbangan.
Imbauan ini juga untuk menghormati hak-hak penumpang atas kegiatan pengambilan gambar oleh salah satu penumpang tanpa izin.

"Imbauan ini dimaksudkan agar seluruh operasi penerbangan Garuda Indonesia comply dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku termasuk UU Penerbangan dan UU ITE, dan UU terkait lainnya," tutupnya.

Halaman
12
Penulis: Hartati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved